Satgas Biringkanaya Total Bersihkan Drainase Induk Poros Perintis

MAKASSAR, LIPUTAN8.COM — Sejumlah personil Satgas Drainase Kecamatan Biringkanaya kembali bergerak, membersihkan drainase induk di poros Jalan Perintis Kemerdekaan KM 19 depan BPS kelurahan Sudiang, Senin (12/8/2019).

Tak kenal lelah, sehari pasca Hari Raya Idul Adha, mereka turun membersihkan saluran air dan gorong-gorong dari BPS Sudiang tembus ke Kantor Unit PT Telkom kelurahan Pai. Selain membersihkan sampah yang menumpuk, mereka juga mengeruk sedimen yang mengendap dalam saluran.

Dari kegiatan itu, sebanyak 30 anggota Satgas Drainase dan sejumlah armada sampah dikerahkan.

IMG-20190812-WA0099

Koordinator Pengawas Satgas Drainase Kecamatan Biringkanaya, Achi, mengatakan, saluran yang berada di RW 10 depan BPS harus terus terjaga kebersihannya. Sebab, drainase itu merupakan saluran induk yang merupakan akses utama aliran air dari perumahan BPS dan BTN Purn TNI AU dan sekitarnya.

“Kalau drainase itu buntu, warga BPS dan BTN Purnawirawan TNI AU dan sekitarnya akan terkena dampaknya. Drainase normal saja kebanjiran, apalagi tersumbat seperti ini,” kata Achi.

“Makanya Pak Camat instruksikan kami untuk turun mengeroyok drainase depan BPS. Perintah beliau, drainase depan BPS harus tuntas hari ini, dan terus dipantau kebersihannya,” pungkasnya.

Untuk menjaga kebersihan dan kondisi drainase tersebut, Tim “Pasukan Orange” Biringkanaya itu juga akan fokus dan intens melakukan pemantauan drainase di daerah itu setiap hari.

Diketahui bahwa drainase primer di poros Perintis Kemerdekaan depan BPS itu merupakan saluran pembuangan utama yang tembus ke Kantor Telkom hingga ke daerah Tol.

“Kalau drainase itu tetap terjaga kebersihannya dan normal, tentu beberapa kawasan perumahan di wilayah itu aman dan terhindar dari banjir,” terang Achi didampingi pengawas kebersihan, Adam. (man)