Lurah Berua Tertibkan PKL di Poros Perintis

MAKASSAR, LIPUTAN8.COM — Lurah Berua Andi Mansyur turun memantau dan penertiban pedagang kaki lima (PKL) di poros Jl Perintis Kemerdekaan, Sabtu (10/8/2019).

Ia menertibkan beberapa penjual buah di daerah itu utamanya yang berada di depan Bukti Katulistiwa dan sekitar jalan masuk Lanraki.

“Kita persuasif, mengarahkan mereka menjual di belakang drainase atau naik diatas pondasi. Ini juga untuk keamanan dan kenyamanan mereka. Apalagi jalan poros, sering macet dan rawan kecelakaan,” katanya.

“Kurang-kurangmi ini, tinggal satu dua yang menjual di pinggir jalan, mereka pakai mobil pickup. Tapi saya sudah tegur, besok tidak bisami menjual di pinggir jalan. Bisaji menjual, tapi harus mundur dibelakang saluran,” jelasnya.

Dikatakan Mansyur, bahwa poros Jalan Perintis Kemerdekaan adalah daerah percontohan, makanya harus steril dari semua yang mengganggu estetika kota termasuk PKL.

Penertiban PKL ini juga untuk menjaga kebersihan dan penataan wilayah, serta meminimalisir kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

“Di depan Bukit Katulistiwa paling sering macet, karena disitu ada pemutaran, ada pak Oga. Diperparah lagi dengan pedagang kaki lima,” Andi Mansyur. (man)