Sempat Buron, Ayah Ketua DPRD Takalar Diringkus Polisi

LIPUTAN8.COM, Makassar – Tim Khusus (Timsus) Polda Sulsel berhasil meringkus terduga pelaku pencurian ternak di Kabupaten Takalar. Pelaku ditangkap di Jalan Poros Takalar – Gowa tepatnya di Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Selasa (16/7/2019) siang.

Pelaku yang diketahui bernama H. Tambaru Daeng Lau Bin Dg. Nanang, 76 tahun adalah orang tua dari Ketua DPRD Kabupaten Takalar, H. Muh Jabir Bonto. Pelaku sempat buron setelah Polres Takalar mengeluarkan Daftar Pencarian Orang (DPO) atas keterlibatannya dalam kasus pencurian ternak milik Bahtiar Dg. Lau, warga Kecamatan Polongbangkeng Utara (Polut) Kabupaten Takalar yang terjadi pada bulan Agustus 2018.

“Tersangka merupakan DPO dari Polres Takalar dalam kasus pencurian ternak ,” kata Panit Timsus Polda Sulsel, Ipda Arthenius MB, sesaat lalu.

Dari surat DPO tersebut kaya Arthenius, Timsus Polda Sulsel langsung melakukan penyelidikan dan berhasil mengetahui keberadaan pelaku di jalan poros Gowa-Takalar. Selanjutnya, anggota bergerak cepat dan meringkus pelaku usai menyantap makanan.

“Anggota menemukan kendaraan jenis Pajero warna merah yang terparkir dipinggir jalan yang dikemudikan oleh sopir pelaku,” jelas Arthenius.

Selain mengamankan pelaku, polisi juga berhasil menyita barang bukti berupa senjata tajam jenis parang, satu pucuk senjata jenis airsoftgun yang berisi enam butir peluru yang diselipkan pelaku di pinggangnya.

“Pelaku dan barang bukti kita amankan untuk kemudian kita serahkan ke Polres Takalar untuk diproses hukum lebih lanjut,” jelas Ipda Arthenius MB.

Untuk diketahui, pengungkapan kasus ini bermula dari adanya laporan Bahtiar Daeng Beta, warga Dusun Bontosunggu, Desa Pa’rapunganta, Kecamatan Polongbangkeng Utara melaporkan ke Polres Takalar terkait tiga ekor sapi miliknya dicuri oleh seseorang.

Saat dilakukan pencarian, kerbau milik warga tersebut ditemukan di kolong rumah Ketua DPRD Takalar, H.Jabir Bonto di Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar.

 

 
Penulis : Tejho
Editor    : Rafa