Mahasiswa Desak Polisi Tuntaskan Dugaan Korupsi Penelitian Ekstra Daun Kelor di Jeneponto

LIPUTAN8.COM, Makassar – Desakan penyelesaian dugaan tindak pidana korupsi penggunaan dana pada pelaksanaan Penelitian Ekstra Daun Kelor Tahun 2016 di Kabupaten Jeneponto datang dari lembaga aktivis di Kota Makassar.

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Koalisi Aktivis Makassar (KAM) melakukan unjuk rasa di depan Polda Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan KM 16, Kota Makassar, Kamis (11/07/2019).

Adi Kansas, jendral lapangan aksi mengungkapkan, pihaknya mendesak Tipikor Polda Sulsel untuk mengusut tuntas dugaan kasus korupsi penggunaan dana pada pelaksanaan Penelitian Ekstra Daun Kelor pada Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto tahun anggaran 2016.

“Tangkap dan adili pelaku korupsi yang ada di Butta Turatea yang diduga terlibat dalam kasus penelitian ekstra daun kelor,” kata Adi Kansas saat menggelar orasi.

Sementara itu, Kasubid III Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Ditreskrimsus Polda Sulsel, Kompol Yudha Wirajati mengungkapkan dalam kasus tersebut saat ini pihaknya telah memeriksa 5 orang saksi.

“Saksi yang telah diperiksa ada 5 orang,” singkat Kompol Yudha Wirajati saat dikonfirmasi, Kamis (11/7/2019).

Saksi yang telah diminta keterangan lanjut Yudha Wiradjati masing-masing Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan, Bendahara, PPTK, BPKAD dan PPHP.

“Rencana selanjutnya, yang akan dimintai keterangan adalah pihak penyedia dan pihak Unhas (Penelitian),” jelas Yudha Wirajati

Terkait adanya dugaan perbuatan melawan hukum pada penggunaan dana pada pelaksanaan Penelitian Ekstra Daun Kelor pada Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto, Yudha Wirajati menjelaskan bahwa saat ini penyidik masih mengumpulkan keterangan dan dokumen.

“Penyidik masih mengumpulkan keterangan dan dokumen, sehingga masih terlalu dini untuk disimpulkan,” Yudha Wirajati memungkasi.

 

 

Penulis : Tejho
Editor    : Aura