Wujudkan Pembangunan Kesejahteraan Sosial Dinsos Makassar Hadiri Rapat Koordinasi di Jakarta

LIPUTAN8.COM, Jakarta – Sekretaris Dinas Sosial Kota Makassar Ade Ismar Gobel mengikuti Koordinasi Antara Kementerian Sosial, Pemerintah Daerah, Perwakilan Lembaga Pemerintahan Terkait Dan Mitra Ormas Asing dilaksanakan pada hari Senin s/d Rabu, tanggal 8 s/d 10 Juli 2019 di Hotel Sari Pacific – Jakarta.

Peserta kegiatan terdiri dari ormas asing mitra Kemsos, Dinas Sosial Provinsi/ Kota/ Kabupaten yang menjadi wilayah kerja ormas asing, perwakilan dari Inter-Kementerian, Unit Teknis terkait dan Biro Perencanaan Kementerian Sosial.

Dalam sambutannya, kepala biro perencanaan kementerian sosial Republik Indonesia Adhy Karyono Kerjasama teknis Kementerian Sosial RI (Kemsos) dengan ormasi asing merupakan salah satu strategi dalam rangka memberikan ruang kepada aktor non pemerintah untuk berpartisipasi dalam pembangunan.

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial, terutama pasal 38, secara tegas mengatur tentang partisipasi dan peran serta mayarakat untuk ikut berkontribusi dalam pembangunan kesejahteraan sosial. Pada tahun 2019, tercatat ada 11 (sebelas) ormas asing yang memiliki kerjasama dengan Kemsos. Hampir sebagian besar ormas asing tersebut telah bekerja di sektor pembangunan di Indonesia selama beberapa dekade, ungkap Adhy

Sementara itu Ade Ismar Gobel sekretaris Dinas Sosial Kota Makassar menambahkan Maksud dari kegiatan ini pada dasarnya Mewujudkan kerjasama yang efektif dalam rangka mendukung pembangunan kesejahteraan sosial, tentu tujuannya meningkatkan kualitas kerjasama dengan ormas asing serta membangun komitmen dukungan program dan kegiatan yang selaras dengan apa yang kebijakan Pemerintah RI pada saat ini juga mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dengan melalui partisipasi aktif dari semua pihak termasuk didalamnya organisasi non pemerintah; serta meningkatkan komitmen para pihak untuk meningkatkan kualitas kerjasama serta menciptakan koordinasi yang efektif yang mampu mendukung keberhasilan.

Dengan kegiatan ini Hasil yang diharapkan tentu Meningkatnya kualitas kerjasama antara Pemerintah dan ormas asing baik di tingkat pusat maupun daerah juga Terwujudnya komitmen antara Tim Pemri dan ormas asing untuk membangun koordinasi yang efektif juga Terlaksanakannya program pembangunan kesejahteraan sosial yang aprtisipatif dan berdampak nyata baik langsung maupun tidak langsung.

Narasumber kegiatan; Sekretaris Jenderal, Kementerian Sosial RI, Kepala Biro Perencanaan, Kementerian Sosial RI, Direktur Sosial Budaya dan Organisasi Internasional Negara Berkembang Kementerian Luar negeri RI, Direktur Ormas Asing, Kementerian Dalam Negeri RI dan Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Kementerian Sosial RI. (**)