1.000 Undangan Raja Salman Untuk Keluarga Martir Palestina Naik Haji

Jakarta, — Raja Salman dikabarkan telah memerintahkan Arab Saudi mengundang 1.000 anggota keluarga para martir Palestina untuk pergi haji bulan depan.

Ribuan jemaah haji tersebut akan menjadi tamu kehormatan Saudi dalam program Haji dan Umrah tahun ini. Program tersebut rutin digelar Saudi setiap tahunnya di bawah kewenangan Kementerian Urusan Dakwah dan Bimbingan Islam Saudi.

Dari 1.000 anggota keluarga tersebut akan dibagi menjadi 500 jemaah Palestina asal Tepi Barat dan 500 dari Jalur Gaza. Panitia khusus akan dibentuk guna menyeleksi para jemaah Palestina tersebut.

Dikutip Arab News yang melansir kantor berita Saudi, SPA, Menteri Urusan Dakwah dan Bimbingan Islam Saudi Sheikh Abdullatif Al-Asheikh mengatakan langkah itu menggambarkan “sikap dermawan Raja Salman terhadap Palestina dan saudara-saudaranya.”

Al-Asheikh mengatakan kementeriannya segera menindaklanjuti proses perjalan para jamaah Palestina melalui kedutaan besar Saudi di Mesir dan Yordania.

Ia menyebutkan para jamaah tersebut akan diterbangkan ke Mekah dan Madinah menggunakan penerbangan pribadi. Saudia, paparnya, akan menyelesaikan seluruh prosedur perjalanan secepatnya dan mendampingi para jemaah selama melakukan proses haji.

Sementara itu, Palestina mengungkapkan apresiasi kepada Saudi, terutama Raja Salman, atas program tersebut.

Perdana Menteri Palestina Mohamme Shtayyeh mengungkapkan terima kasih kepada Raja Salman atas “keramahannya menampung 1.000 jamaah keluarga martir Palestina untuk pergi haji tahun ini.”

“Langkah Saudi ini merupakan pesan Arab dan Islam kepada kami dalam merespons pembajakan Israel yang telah memotong tunjangan bagi keluarga martir dan tahanan Palestina,” ujarnya dalam pertemuan mingguan kabinet Palestina, Senin (8/7), seperti dikutip Jerussalem Post.

Sumber: cnnindonesia.com