Kurir Sabu Jaringan Internasional Dilumpuhkan, Tim Ubur-ubur Polrestabes Makassar Sita 1 Kg Sabu

LIPUTAN8.COM, Makassar – Tim Ubur-ubur Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Makassar kembali menangkap dan melumpuhkan satu orang kurir sabu jaringan internasional, Jumat, 28 Juni 2019.

Adalah Irsal Akbar alias Ical, 24 tahun, warga jalan Lang’a Watang Sawito, Kabupaten Pinrang. Ia dilumpuhkan karena berusaha melarikan diri saat dilakukan pengembangan kasus.

Ical diamankan di Jalan Perintis Kemerdekaan, poros Kota Makassar – Maros, Selasa 25 Juni 2019, kemarin. Selain mengamankan pelaku, polisi juga menyita barang bukti 26 bungkus sachet sabu.

“Ada 26 bal beratnya kurang lebih 1 kg. Pelaku adalah kurir jaringan internasional,” kata Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Wahyu Dwi Ariwibowo kepada awak media, Jumat 28 Juni 2019.

Dari hasil keterangan pelaku kata Kapolrestabes Makassar, barang haram tersebut berasal dari Malaysia yang masuk ke Sulawesi Selatan melalui Kabupaten Pinrang yang selanjutnya disuplai ke Kota Makassar.

Dalam akisnya lanjut Kapolrestabes Makassar, pelaku menggunakan modus dengan berpura-pura mengangkut buah-buahan menggunakan mobil bak terbuka. Sementara sabu yang sudah dikemas disimpan di bawah jok mobil.

“Palaku bergerak usai hari lebaran kemarin dengan modus berpura-pura mengangkut buah-buahan. Jumlah barang haram yang masuk ada 9 kg dan 1 kg lebih masuk ke Kota Makassar,” jelas Kombes Pol Wahyu Dwi Ariwibowo.

Perwira berpangkat tiga bunga melati itu menerangkan, pengiriman sabu dari Malaysia oleh pelaku sudah kedua kalinya dengan jumlah yang sama,” Sudah dua kali pengiriman, jumlah yang sama dengan upah yang cukup besar untuk sekali pengantaran,” sambungnya.

Akibat perbuatannya, pelaku akan dijerat dengan pasal 114 ayat (2) dan 112 ayat (2) UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 5 tahun paling lama 20 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp. 1 M dan paling banyak Rp. 10 M.

 

 
Penulis : Tejho
Editor    : Rafa