Sekwan DPRD Makassar Manjakan Dewan dengan Staf Khusus Pribadi

LIPUTAN8.COM, MAKASSAR — Untuk masa periode 2019-2024, para wakil rakyat di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar akan diberikan fasilitas keamanan serta kenyamanan, salah satu diantaranya adalah staf khusus.

Nantinya, masing-masing anggota legislator yang duduk di parlemen Makassar diberikan satu staf khusus. Tugas staf khusus yaitu mengatur seluruh jadwal legislatornya, termasuk juga melakukan fungsi pengawasan terhadap wakil rakyat tersebut.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Makassar, Andi Bukti Djufri menyebut, staf khusus yang melekat pada anggota dewan direkrut dari staf-staf di sekretariat dewan. Tapi sebelum ditugaskan, staf lebih dulu harus ikut pendidikan dan pelatihan (diklat).

“Rencananya seperti itu, jadi masing-masing dewan ada staf khususnya. Staf ini dipilih bukan oleh dewan, tetapi staf kami di sekretariat yang ditempatkan ikut bersama dewan. Ini dilakukan agar staf honorer lebih dayaguna,” sebut Andi Bukti, Selasa (18/6).

Diklat staf khusus anggota dewan lanjut Bukti, berjalan usai pelantikan anggota DPRD Kota Makassar baru. Dan dilanjutkan dengan memberikan diklat bagi staf khusus lalu ditugaskan.

“Ini masih kami susun lagi. Honornya staf kontrak kan ada, dan honornya sama jika mereka jadi staf khusus. Cuman bisa saja mereka (staf khusus) dapat tambahan lebih dari anggota dewan. Selesai pelantikan anggota dewan baru, kami mulai kerjakan ini semua,” singkatnya. (RF)