Posting Foto Kapolri Kondisi Tergantung, Pria di Makassar Berurusan CyberCrime

LIPUTAN8.COM, Makassar – Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sulsel mengamankan terduga pelaku tindak Pidana Sara dan Pencemaran nama baik, Senin (27/5/2019).

Pria malang tersebut adalah Muh Sabir (40). Ia diamankan di rumahnya di Jalan Goa Ria Kalangtubung, Kelurahan Sudiang, Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.

Pelaku yang kesehariannya bekerja sebagai wiraswasta ini diamankan lantaran diduga melakukan tindak pidana ujaran kebencian “Hatespeech” dan pencemaran nama baik terhadap Kapolri, Jenderal Tito Karnavian melalui sosial media (sosmed).

Kepala Bidang Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani mengungkapkan, penangkapan terhadap terduga pelaku bermula dari adanya laporan masyarakat dan hasil dari patroli Cyber yang menemukan adanya akun facebook bernama “Andijabir” yang memposting atau membagikan foto milik Kapolri, jenderal Tito Karnavian. Dalam foto yang diposting terlihat Kapolri Tito Karnavian terlilit tali dan dalam keadaan tergantung.

Dalam unggahan tersebut kata Dicky, terduga pelaku juga membagikan foto tersebut melalui akun Facebooknya yang juga disertai dengan kalimat “mudah2an manusia biadab ini mati ny gk di terima bumi manusia terkutuk laknatulah”.

“Terduga pelaku saat ini telah diamankan di Mapolda Sulsel guna pemeriksaan lebih lanjut,” kata Dicky Sondani, Senin (27/5/2019) malam.

Selain mengamankan pelaku lanjut Dicky, pihaknya juga berhasil mengamankan barang bukti berupa handphone dan akun facebook pelaku. Dan atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 27 ayat 3 dan pasal 28 ayat 2 UU ITE.

 

 
Penulis : Tejho
Editor    : Andi Afdal