Pemkot Makassar Canangkan Kota Layak Anak Dalam Perwali

MAKASSAR, LIPUTAN8.COM — Tingginya tingkat kekerasan terhadap anak dan perempuan mengundang keprihatinan Pj Wali Kota Makassar, Iqbal S Suhaeb.

Ia menginstruksikan dinas terkait segera merampungkan Perwali (Peraturan Wali Kota) Makassar yang mengatur pencegahan terjadinya tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Instruksi itu disampaikannnya saat menerima kunjungan tim Perwali terkait Peraturan Wali Kota Makassar mengenai Perlindungan Anak yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), Tenri A Palallo di Ruang Rapat Wali Kota Makasar, Kamis siang tadi.

Dalam pertemuan tersebut, Iqbal meminta kepada tim segera memperbaiki beberapa poin penting agar ke depan bisa diaplikasikan dengan tepat sasaran.

“Apa yang sudah dituangkan dalam Perwali ini sudah sangat baik namun perlu kiranya dipertegas poin penting yang mana akan menjadi titik fokus dalam pelaksanaannya ke depan,” ujar Iqbal.

Dengan adanya Perwali ini diharapkan Makassar dapat menjadi kota layak anak dengan pengawasan dan perlindungan yang sudah diatur dalam aturan hukum yang mengikat.

Kepala Dinas DP3A, Tenri A Palallo mengatakan harapan dengan adanya perwali ini tugas mereka lebih berkurang. Sekarang dikatakan Tenri, orang berpikir kalau kekerasan perempun dan anak adalah tanggung jawab pemberdayaan perempuan dan anak.

Padahal begitu perwali ini jadi, sudah jadi tanggung jawab seluruh kota Makassar. Perlindungan anak ini pun dikatakannya untuk mewujudkan 3 C (Clean, Conferty and Continy), dimana itu adalah program wali kota saat ini.

“Soal pekerjaan anak masuk juga alam pembicaraan kemudian soal pernikahan anak, pak wali lebih menekankan bagaimana sinkronisasi regulasi. Target penerapannya ini pun akan diuji publikkan dulu baru diterapkan, kita berharap perwali itu persegera lebih cepat lebih baik,” jelas Tenri. (rls)