Begini Cara Tripika Biringkanaya Tingkatkan Kamtibmas di Bulan Puasa

MAKASSAR, LIPUTAN8.COM — Dalam rangka menjaga dan meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) khususnya di bulan puasa, ratusan personil tripika kecamatan Biringkanaya, kembali turun melakukan patroli wilayah.

Sabtu (18/5/2019) malam, para personil tripika Biringkanaya, yang terdiri dari anggota Koramil, Polsek, Satpol PP dan Tim Jaga Kota Kecamatan Biringkanaya, kompak melakukan patroli disejumlah wilayah di Biringkanaya.

Kegiatan tersebut juga diikuti anggota Banteng Komando, FKPM, dan beberapa komponen masyarakat Biringkanaya lainnya.

Sebelum bergerak melakukan patroli, mereka mengikuti apel akbar di halaman Kantor Kecamatan Biringkanaya, Jl Tol Ir Sutami, Makassar.

Humas Kecamatan Biringkanaya, Makarios, mengatakan, patroli wilayah ini bertujuan untuk memberikan rasa nyaman dan keamanan kepada masyarakat. Apalagi di bulan puasa ini, tingkat kerawanan dibeberapa wilayah di Biringkanaya cukup rawan ganggung kamtibmas. Sehingga wajib dilakukan pemantauan dan pengamanan wilayah.

“Patroli gabungan ini kami lakukan semata-mata untuk memberikan rasa nyaman kepada masyarakat. Sehingga warga dalam menjalankan ibadah puasa bisa berjalan lancar dan tertib,” kata Makarios.

“Kegiatan ini tak hanya dilakukan di bulan puasa saja. Tapi sudah menjadi rutinitas kami setiap hari dalam memberikan rasa nyaman kepada masyarakat. Beberapa kegiatan keagamaan lainnya dan kegiatan besar di Biringkanaya, kami juga kerap terlibat dalam pengamanan wilayah,” pungkasnya.

Sesuai instruksi Camat Biringkanaya, lanjut Makarios, selama bulan puasa ini, pengamanan wilayah harus terus ditingkatkan. Intens berkoordinasi dengan anggota Koramil dan Polsek.

“Perintah Pak Camat, kalau terdapat potensi ganggung Kamtibmas di wilayah segera dikoordinasikan ke pihak Polsek dan Koramil. Intinya adalah komunikasi dan koordinasi yang harus terus dibangun kepada semua pihak,” jelas Makarios.

“Kita utamakan tindakan preventif, pencegahan. Jangan nanti sudah terjadi apa-apa, baru kita turun mengatasi. Lebih baik kita mencegah dari awal,” ketusnya. (fik)