Tim Swakelola Kelurahan Bira Normalisasi Drainase Poros Lantebung

LIPUTAN8.COM — Sejumlah warga yang tergabung dalam kelompok swakelola kelurahan Bira kecamatan Tamalanrea, Rabu pagi (13/3/2019), melakukan pembersihan dan pengerukan saluran air (Drainase) di poros Jalan Lantebung Lingkungan RW 4 Mattoanging kelurahan Bira.

Kegiatan tersebut dipantau langsung oleh Lurah Bira Muhammad Kasim bersama pengawas kebersihan, Ruslan.

Menurut Lurah Bira Muhammad Kasim, tim swakelola ini merupakan salah satu kelompok masyarakat yang terlibat langsung menjaga dan meningkatan kebersihan wilayah.

Tak hanya selokan dan drainase yang mereka bersihkan. Tapi mereka juga ikut menata lingkungan seperti pembenahan lorong, perbaikan jalan lingkungan dan semua giat yang berbasis lingkungan.

“Tim swakelola ini merupakan salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat. Dalam satu kelompok terdapat lima sampai sepuluh orang,” kata Muhammad Kasim.

“Tim swakelola terdapat di semua lingkungan RT RW yang diharapkan bisa menjadi motor penggerak bersama Ketua RT RW dalam menjaga kebersihan wilayah,” pungkasnya.

Saat ini lanjut Kasim, tim swakelola fokus kepada normalisasi saluran air. Mengingat intensitas hujan beberapa hari ini cukup tinggi. Yang cukup rawan terjadinya genangan air maupun banjir. (Fik)