Jelang HKG PKK KB Kes, Dinas PPKB Optimalkan Pembinaan Posyandu

LIPUTAN8.COM — Dalam rangka menyambut penilaian lomba Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK KB Kesehatan 2019, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Makassar tersu menggenjot berbagai persiapan. Salah satunya adalah melakukan pembinaan Posyandu.
Seperti yang dilakukan Rabu pagi tadi, Dinas PPKB Makassar, yang diwakili dr. Irma Awalia bersama TP PKK Kota Makassar melakukan pembinaan Posyandu di Posyandu Bougenvolle III Kelurahan Berua Kecamatan Biringkanaya.
“Semua persiapan kita genjot. Saat ini kami fokus pembinaan Posyandu, dan beberapa lainnya,” kata dr Irma.
dr Irma menyampaikan tujuan umum dari program KB Kes adalah meningkatkan cakupan pelayanan yang adil dan berkualitas dalam program pemberdayaan kesejahteraan keluarga, keluarga berencana dan kesehatan, sebagaimana tertuang dalam upaya pencapaian RPJMP-RPJM.
Sedangkan tujuan khususnya, lanjut dr Irma adalah meningkatkan kemitraan PKK-KB-Kesehatan, DPMPD, dan Organisasi Kemasyarakatan, LSM, swasta, dan dunia usaha. Meningkatkan jumlah kelompok dasa wisma, menigkatkan kualitas dan kuantitas Posyandu, meningkatkan pembinaan Pokjanal/Pokja Posyandu.
Selain itu meningkatkan jumlah kader yang terampil, meningkatkan jumlah rumah tangga ber-PHBS. Meningkatkan jumlah peserta KB baru, dan peserta KB aktif.
Sementara Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail, mengapresiasi kader KB dan kader PKK di kelurahan, dan kecamatan yang telah ikut berpartisipasi dalam peringatan HKG tahun ini.
Indira berharap, para kader tetap menjaga kerukunan dalam keluarga dan lingkungan untuk mewujudkan Indonesia damai.
“PKK juga harus menjembatani peran ibu-ibu dalam keluarga mewujudkan Indonesia damai,” katanya. (Fik)