Sambil Ngopi, SMSI Bersama Lensa Demokrasi Bahas Pemilu Damai Berintegritas di Sulsel

LIPUTAN8.COM — Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulsel bersama Lensa Demokrasi Indonesia menggelar diskusi publik mengenai pemilu damai berintegritas di Sulsel.

Kegiatan ini dilaksanakan di Warunk Soqta, Jalan Hertasning 1, Makassar, Selasa hari ini.

Ketua panitia pelaksana, Reski Mas’ud mengatakan, berkaca Pemilu dan Pilkada, proses pemilihan seringkali berjalan tidak maksimal. Bahkan diwarnai praktik kecurangan. Baik gerakan politik uang maupun kampanye hitam.

Hal ini, kata Reski, membuat pesta demokrasi hanya menyisakan sistem yang sifatnya normatif atau prosedural belaka. Nilai substantif dari pemilihan sendiri menjadi hilang atau kabur.

“Hari ini sambil ngopi diskusi pemilu damai berintegritas di Sulsel. Kita bisa mendengarkan langsung pemaparan para pengambil kebijakan, baik penyelenggara seperti KPU dan Bawaslu maupun polisi,” ujarnya.

Menurut Reski, diskusi ini mengusung tema Mewujudkan Pemilu Damai yang Berintegritas di Sulsel dengan menghadirkan beberapa pembicara seperti Kabid Propam Polda Sulsel, Kombes Pol Hotman Sirait SIK SH, Karo Ops Polda Sulsel Kombes Pol Stephen Napium SIK SH M Hum, Komisioner KPU Sulsel Uslimin, Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Bosowa, Prof Dr Marwan Mas SH MH.

Selain itu, hadir juga Ketua Bawaslu Kota Makassar Nursari dan Hamzah Samal, Praktisi Media di Makassar.

“Kegiatan ini akan dipandu News Manager Pojok Sulsel, Yagkin Ahmad. Peserta dari berbagai perwakilan lembaga, mahasiswa dan Jurnalis,” terangnya. (*)