Jaringan Telekomunikasi Bersoal, DPRD dan Kominfo Lutim Curhat

LIPUTAN8.COM — Anggota DPRD dan Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) Kabupaten Luwu Timur (Lutim) menyambangi Kantor Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Kominfo SP) Sulsel, Selasa (5/3/2019).

Kunjungan itu dalam rangka menindaklanjuti hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi III DPRD Luwu Timur dengan Kominfo dan warga terkait persoalan gangguan jaringan telekomunikasi di daerah tersebut.

“Jadi kehadiran kami untuk mendapat informasi dan masukan dari Kominfo SP Sulsel terkait persoalan yang kami hadapi saat ini,” ungkap anggota Komisi III DPRD Lutim, A. Endy B. Shin Go, ST.

Rombongan dari Lutim itu diterima Sekretaris Kominfo SP Hudzon, Kepala Bidang E-Gov Lukmanuddin, Kepala Bidang Informatika Badaruddin, Abdi Rahmat dari Bidang Persandian.

Andi Endy mengatakan sudah satu bulan lebih akses jaringan telekomunikasi di Lutim bermasalah. Sejumlah wilayah malah blankspot alias tidak ada jaringan sama sekali.

“Ada beberapa titik di kota yang blankspot, sepanjang jalan Trans Sulawesi juga,” ungkal Andi Endy.

Kondisi itu berdampak buruk bagi aktifitas masyarakat di kabupaten tersebut. Apalagi saat ini, dimana Indonesia bersiap menghadapi pemilihan presiden dan pemilihan legislatif.

Selain itu, lanjut Andi Endy, Lutim merupakan daerah rawan bencana. Akses komunikasi sangat penting bagi warga.
Statemen itu diaminkan anggota Komisi III DPRD Lutim lainnya, KH Suardi Ismail, S.Fil.I.

Menurut Suardi, persoalan ini sudah dikonfirmasi ke operator telekomunikasi seperti Telkomsel. Awalnya diperoleh penjelasan, gangguan disebabkan karena beberapa tower dicuri baterainya. Namun, setelah diganti baterai baru, jaringan informasi masih tetap bersoal.

“Setelah dikonfirmasi lagi, alasannya ada upgrade jaringan dari 3G ke 4G,” kata Suardi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Kominfo Lutim, Askar mengatakan, sebenarnya kalau berfungsi maksimal, jaringan komunikasi sudah hampir menjangkau seluruh daerah di Lutim.

Dari 127 desa/kelurahan yang ada, sisa lima desa yang belum tersentuh akses jaringan komunikasi. Dia berharap kondisi yang dihadapi saat ini bisa segera diselesaikan oleh pihak terkait.

Usai melakukan kunjungan ke Kominfo SP Sulsel, rombongan dari Lutim itu juga menuju ke kantor Telkomsel yang ada di Jalan AP Pettarani untuk membicarakan persoalan tersebut.

Sekretaris Kominfo SP Sulsel Hudson menjelaskan apa yang disampaikan menjadi persoalan yang sama di hampir semua daerah di Sulsel.

“Selalu saja ada titik-titik yang blankspot karena persoalan jaringan,” kata Hudson.

Diapun berharap perusahaan jaringan telekomunikasi bisa semakin memperbaiki kualitasnya ke depan.

Kabid eGoverment Kominfo SP Sulsel, Lukmanuddin mengatakan akan mencoba melakukan komunikasi dengan operator jaringan seluler untuk memperhatikan persoalan ini. (rilis)