Kawal Program Penyaluran Bansos, Dinsos Makassar Gandeng LPM dan RT/RW

LIPUTAN8.COM, Makassar – Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) bersama RT/RW Se – Kota Makassar berkomitmen akan ikut mengawal program Bantuan Sosial (Bansos) Presiden Joko Widodo.

Hal itu disampaikan oleh Plt Dinas Sosial Kota Makassar, Iskandar Lewa usai menerima perwakilan RT/RW dan LPM Se Kota Makasssar di Kantor Dinas Sosial Kota Makassar, Rabu (27/2 2019).

“Alhamdulillah, para RT/RW dan LPM berkomitmen akan ikut mengawal program Bansos Presiden Joko Widodo, ” kata Iskandar Lewa.

Ketua Asosiasi LPM Kota Makassar, Elbert Maqbul Amin membenarkan hal itu, ia mengatakan, bahwa gerakan ini adalah gerakan yang murni dari kami LPM dan para RT/RW. Pasalnya kata Elbert, sesuai peranan LPM dan RT/RW sebagai mitra pemerintah yang menjadi garda terdepan dalam menyukseskan seluruh program pemerintah.

“Saya pikir gerakan pengawalan ini adalah sudah semestinya kita lakukan, dimana fungsi kami adalah mitra yang bersentuhan langsung semua program – program yang dicanangkan oleh Pemerintah, seperti Bansos, ” terang Elbert Maqbul Amin.

Elbert menjelaskan, tentunya pengawalan ini bukan hanya sebatas mengawal saja, tetapi kita akan mengawasi kemungkinan adanya oknum – oknum tertentu yang ingin memanfaatkan program pemerintah untuk kepentingan pribadi dan kelompok.

Yang pastinya lanjut Elbert, program seperti PKH, KIS dan sejumlah program sosial lainnya harus sampai ke sasaran dan tepat. Kalaupun kita temukan ada pihak yang ingin menyalahgunakan tentunya maka kita akan laporkan ke pihak berwajib untuk kemudian diproses hukum.

“Jika kita temukan adanya dugaan pelanggaran atau penyelagunaan, pasti kita akan laporkan untuk diproses hukum,” pungkas Elbert Maqbul Amin. (Han)

 
Editor : Andi Afdal