Ribuan Personel Gabungan TNI-Polri Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu

LIPUTAN8.COM, MAKASSAR – Ratusan personel gabungan Kodam XIV Hasanuddin dan Polda Sulsel, menggelar simulasi pengamanan pemilihan umum (Pemilu) 2019, Kamis (31/01/2019). Simulasi tersebut digelar di tiga lokasi wilayah Kota Makassar, yakni di kantor PT. Telkom jalan AP. Pettarani, lapangan Karebosi dan pasar Sentral Makassar.

Simulasi yang digelar dengan melibatkan personel dari Polda Sulsel tersebut, merupakan aplikasi dari latihan pengamanan Pemilu sebelumnya, yang digelar selama empat hari sejak 28 Januari lalu, di Markas Kodam XIV Hasanuddin jalan Urip Sumohardjo, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar.

IMG-20190131-WA0115

Asisten Operasi (Asops) Kasdam Kolonel Inf Josep Tanada Sidabutar menyebutkan, latihan ini bagian dari antispasi dalam menghadapi Pemilu yang akan digelar 17 April mendatang, “Lokasi yang dijadikan simulasi, merupakan tempat strategis yang kemungkinan terjadi kerusukan,” kata Josep Tanada Sidabutar, Kamis (31/01/2019).

Dalam kesempatan itu, Asops juga menjelaskan bahwa kegiatan pengamanan yang dilakukan ini, telah sesuai dengan tahapan yang telah diatur dalam undang-undang, yang mengatur perbantuan TNI kepada Polri.

Ia menambahkan, latihan tersebut tidak hanya digelar di kota Makassar, namun juga digelar di tiga Korem jajaran Kodam XIV/Hasanuddin, dengan melibat jumlah personel kurang lebih 3.750 personel.

“Waktu pelaksanaannya pun berkelanjutan dari 28 Januari sampai dengan 8 Februari 2019”, pungkasnya.

 

 
Penulis : Tejho
Editor : Rafa