Rawan Tumbang, Satgas Tamalanrea Pangkas Pohon Tua di Parangloe

LIPUTAN8.COM — Untuk mengantisipasi pohon tumbang yang rawan terjadi saat musim hujan. Tim satgas kelurahan Parangloe kecamatan Tamalanrea, kota Makassar, turun melakukan pemangkasan ranting pohon di Kampung Tamala’lang.

Aksi tersebut dikoordinir langsung oleh Lurah Parangloe Andi Zakaria, S.STP, diikuti sejumlah anggota satgas kebersihan Parangloe.

Menurut Lurah Parangloe Andi Zakaria, di daerah ini (Parangloe) terdapat beberapa pohon besar dan sudah berumur. Kondisinya sangat rawan, apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini.

“Untuk mengantisipasi pohon tumbang, beberapa pohon di Tamala’lang kita tebang. Sebagian rantingnya kita pangkas. Sehingga ketika hujan disertai angin kencang, tidak terjadi apa-apa terhadap warga,” kata Andi Zakaria.

“Lebih baik diantisipasi memang, sebelum terjadi apa-apa. Saya melihat pohon di Tamala’lang rawan tumbang. Pohon pohon di daerah itu sudah tua dan lapuk,” ketusnya.

Menurut Zakaria, pihaknya sudah menyampaikan hal tersebut ke Dinas Lingkungan Hidup. Untuk membantu menebang pohon tua. Tetapi tidak ada respon.

“Ya terpaksa kami turunkan satgas dibantu warga. Alhamdullilah meski dengan penuh keterbatasan, kami mampu mengeksekusi pohon tua di Tamala’lang,” pungkasnya.

Sebelumnya Camat Tamalanrea Muhammad Rheza, S.STP MSi turun meninjau pohon tua di daerah itu. Ia memantau dan mengecek langsung pohon tua yang dinilai sangat rawan tumbang, akibat sudah lapuk dan berumur.

“Dua minggu lalu Pak Camat turun melihat langsung kondisi pohon tua di Tamala’lang. Beliau menginstruksikan kepada kami untuk segera dieksekusi,” ujar Zakaria, Senin (7/1/2019). (rls)