Danny Banggakan RT/RW di Hadapan Seluruh Forkopimda Sulsel

LIPUTAN8.COM, MAKASSAR— Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto membanggakan RT/RWnya dihadapan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Prov. Sulsel Dan Forkopimda Makassar Raya.

Hal itu dilakukan saat menghadiri kegiatan silaturahim Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Prov. Sulsel Dan Forkopimda Makassar Raya dengan RT/RW se-Makassar raya, Kamis (27/12/18) di Dalton Hotel Makassar.

IMG-20181227-WA0054Kegiatan yang pertama kali digelar ini dinilai Danny sangat positif. Pasalnya, baru pertama kali dalam sejarah Polda mengundang langsung RT/RW bergabung dalam forum sebesar ini.

“Saya berterima kasih sekali kepada pak Kapolda. Ini pertama kali dalam sejarah RT/RW bergabung dalam forum yang luar biasa ini. Sebagaimana kita ketahui RT/RW merupakan ujung tombak keselamatan warga di lini pemerintahan terbawa yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” ucapnya.

Sistem pelaporan pun, kata Danny semakin mudah usai RT/RW diberikan smartphone android tahun 2017 lalu.

“Jadi lewat android itu semua terkordinasi dengan baik. RT/RW langsung saja memberitahukan kejadian apa yang terjadi di lingkungannya dan langsung ditanggapi oleh pihak terkait seperti lurah/camat/tokoh masyarakat/pihak kepolisian. Di dalam itu dia bentuk grup-grup dan selalu dipantau,” ungkap Danny.

Pernyataan Danny, sejalan dengan tujuan diadakan kegiatan ini yakni untuk membangun sinergitas dan kerjasama menyambut tahun baru 2019. Tak hanya itu, juga membantu mewujudkan situasi kamtibmas yang aman, damai dan sejuk di wilayah Sulsel, utamanya Kota Makassar.

Dalam giat ini juga hadir Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah. Dalam sambutannya, ia berharap agar kordinasi dari tingkat paling bawah bisa berjalan dengan lancar kedepannya.

Menurutnya, ada beberapa kondisi gangguan Kamtibmas seperti radikalisme dan terorisme. Fitnah dan hoax, provokasi dan politik identitas. Dan dalam waktu dekat ini ia menekankan harus fokus pada momen pergantian tahun seperti terjadinya kebakaran, pengedaran narkoba dan perkelahian antar kelompok.

“Saya berterima kasih karena RT/RW di Kota Makassar sangat aktif dan tanggap serta cepat respon. Saya harap ini makin baik kedepannya. Karena Kota Makassar merupakan ujung tombaknya juga Sulsel. Jadi kalau Makassar aman insya Allah Sulsel juga aman,” pungkas Nurdin.

Sebagai rasa terima kasih Polda Sulsel memberikan piagam penghargaan kepada RT/RW, Lurah se Makassar Raya dalam dedikasinya menjaga wilayah penuh dengan tanggung jawab.

Pemberian penghargaan tersebut diwakili oleh
1. Abd hamid, Lurah Losari, Kec. Ujungpandang
2. Nur, Lurah Daya, Kec. Biringkanaya
3. Ikhsan masur, Ketua RT06 Kelurahan Bandang, Kab Gowa
4. Jusnia, Ketua RT, Kelurahan Tabaringan
5. Kurniati, Lurah, Barang lompo, Kec. Sangkarrang. (*).