Hari Pertama Uji Coba Tilang Elektronik, Ditlantas Polda Sulsel Deteksi Ratusan Pelanggar

LIPUTAN8.COM, MAKASSAR – Penerapan Uji coba sistem Tilang Eletronik atau Elektronik Traffic Law Sistem (ETLE) Di hari pertama, Selasa (18/12/2018) kemarin, jajaran Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sulsel sedikitnya ratusan pelanggar dari 23 titik yang tersebar di Kota Makassar.

Kasubdit Keamanan dan Keselamatan Lalulintas (Kamsel) Ditlantas Polda Sulsel, AKBP Reza Pahelvi mengungkapkan, untuk saat ini ada 15 titik atau lokasi yang sudah siap. Hasil potensi pelanggaran selama 1 Jam yakni dari Pukul 17.00 – 18.00 WITA, ada ratusan pelanggaran yang terjadi.

“Baru 15 titik yang sudah siap, jumlah pelanggaran yang terjadi ada ratusan, selama 1 Jam dan itu terjadi di hari pertama Uji coba ETLE, ” kata Reza Pahelvi, Rabu (19/12/2018) siang.

Reza Pahelvi merinci ratusan pelanggaran yang terjadi seperti di Simpang 5 Bandara ada 171 pelanggaran Marka Jalan, perempatan Jalan Haji Bau – Ratulangi, ada 42 pelanggaran Marka. Untuk perempatan Jalan Sudirman – Kartini terjadi ada 66 pelanggaran Marka Jalan dan di perempatan Jalan Kerungkerung – Veteran ada 228 pelanggaran Marka dan di perempatan Jalan Veteran – Bawakaraeng ada 78 pelanggaran yang juga adalah pelanggaran Marka Jalan.

Selain itu, pelanggaran juga terjadi di perempatan Jalan Bawakaraeng – Latimojong terjadi 78 pelanggaran, untuk di perempatan Jalan Latimojong – Sungai Saddang terjadi 126 pelanggaran. Sementara di Jalan Andalas – Tentara Pelajar terjadi 114 pelanggar dan 24 pelanggaran tidak menggunakan helem dan di perempatan Jalan Tentara Pelajar – Wahidin ada 162 pelanggaran Marka Jalan.

“Untuk uji coba ETLE hari kedua hari ini sudah mendeteksi pelanggaran di 15 lokasi tersebut. Delapan lokasi sementara masih dilakukan pembenahan,” urai AKBP Reza.

Sementara, untuk perempatan Fly Over bawah dan Fly Over bagian atas serta perempatan patung ayam, teras Balai Kota, dan Pettarani – MSC Telkomsel, belum terdeteksi adanya pelanggaran.

 

 

Penulis : Tejho
Editor    : Rafa