Satlantas Polres Pangkep Tindak Tegas Pengguna TNKB Tak Sesuai Aturan

LIPUTAN8.COM, PANGKEP – Pelaksanaan penertiban dan razia plat kendaraan bermotor yang tidak sesuai dengan aturan oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pangkep di Jalan Sultan Hasanuddin, Pangkep, Selasa (18/12/2018) berhasil menjaring kendaraan yang menggunakan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang tidak sesuai dengan spektek.

Dalam razia yang digelar berkisar 2 jam Sat Lantas Polres Pangkep sedikitnya menjaring 3 unit kendaraan roda 4 yang melakukan pelanggaran TNKB dan beberapa kendaraan roda 4 dan roda 2 yang melakukan pelanggaran lainnya.

“Bagi mereka yang terjaring dalam penertiban plat atau TNKB dan pelanggaran lainnya langsung diberikan sanksi berupa tindakan Tilang,” kata Kasat Lantas Polres Pangkep, AKP Fitriawan, Selasa (18/12/2018) sore tadi.

Lebih jauh Kasat Lantas Polres Pangkep menjelaskan, Razia terhadap plat atau TNKB kendaraan bermotor yang tidak sesuai dengan aturan itu dilakukan berdasarkan pasal 280 jo pasal 68 ayat (1) UU LLAJ No 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya yaitu, Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak dipasangi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 68 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

Olehnya itu, SatLantas Polres Pangkep menghimbau kepada masyarakat pengguna kendaraan bermotor agar memasang plat atau TNKB kendaraan bermotor sesuai dengan aslinya yang dikeluarkan kepolisian melalui kantor Samsat setempat.

“Kepada masyarakat, kami himbau agar menggunakan TNKB pada kendaraannya sesuai dengan bentuk aslinya yang dikeluarkan kepolisian,” singkatnya.

 

 

Penulis : Tejho
Editor    : Andi Afdal