Ini Kronologi Penangkapan Pelaku Curnak Bersenjata di Takalar

LIPUTAN8.COM, TAKALAR – Dua pelaku Pencurian Ternak (Curnak) yang kemudian dilumpuhkan di Kabupaten Takalar berhasil ditangkap setelah pihak kepolisian menerima informasi keberadaan pelaku oleh masyarakat setempat .

Hal itu disampaikan langsung Kapolres Takalar, AKBP Gany Alamsyah Hatta. Ia mengungkapkan, pelaku berhasil ditangkap setelah salah satu warga bernama Dg.Rurung melihat ada dua orang yang tidak dikenalnya yang sementara tidur di rumah kebun.Dimana keduanya terlihat membawa sebuah tas dan di dekat semak belukar ada tiga ekor sapi betina dalam keadaan terikat.

Dari keterangan saksi mata, kemudian personel mendatangi lokasi yang dimaksud dengan tujuan untuk mengecek dan memastikan informasi dari salah satu warga tersebut. Benar saja, saat akan dibangunkan, salah satu dari pelaku langsung mencabut senjata tajamnya (Badik), karena melihat anggota yang jumlahnya banyak, kemudian pelaku melarikan diri.

“Informasi dari salah satu warga kemudian ditindak lanjuti oleh anggota yang kemudian berhasil mengamankan kedua pelaku,” kata Kapolres Takalar, AKBP, Gany Alamsyah Hatta, Kamis (1/11/2018).

Lebih jauh Gany menjelaskan, sebelum penangkapan kedua pelaku, polisi telah menerima laporan terkait dugaan pencurian ternak yang dibuktikan dengan Laporan Polisi (LP) tanggal 30 Oktober 2018 di Polsek Marbo dengan Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Dusun Bila-bilaya Desa Cikoang, Kecamatan Manggarabombang.

“Dari LP yang ada kemudian anggota melakukan penyelidikan. Dari intrograsi awal, pelaku mengakui telah melakukan pencurian sapi di Dusun Bila-bilaya,” jelasnya.

Tidak berhenti dipengakuan pelaku terkait, polisi kemudian melakukan mendalam kasus dimana pelaku mengakui berpindah-pindah tempat dalam melancarkan aksinya.

“Dari pengakuan kedua pelaku, ada 13 TKP di dua Kabupaten, yaitu di Kabupaten Takalar dan Jeneponto,” urai Gany Alamsyah Hatta.

Selain mengamankan dua orang pelaku, polisi juga berhasil menyita barang bukti 3 ekor sapi betina, satu pucuk senjata rakitan bentuk refolver, dua butir amunisi dan sebilah senjata tajam jenis badik, satu buah tang, dua buah obeng serta satu buah tas selempang.

“Pelaku dan barang bukti sudah kita amankan, saat ini anggota masih melakukan pengejaran kelompok pelaku.Mereka adalah TA, SR, SE, SA dan SJ, ” pungkas Kapolres Takalar, AKBP Gany Alamsyah Hatta.

 

 

 
Penulis : Tejho
Editor    : Aura