Penggalangan Donasi Korban Gempa Palu Awali Pembukaan F8 Makassar 2018

LIPUTAN8.COM, MAKASSAR — Makassar International Eight Festival dan Forum (F8) 2018 resmi di buka oleh Gubernur Sulsel, Professor Nurdin Abdullah, di Anjungan Losari City of Makassar, Kamis (10/10/18).

Sebelum kegiatan ini dibuka, para tamu para tamu-tamu perwakilan negara-negara peserta F8, kepala daerah, eksekutif dan tamu undangan yang hadir, memberikan sumbangsinya bagi korban bencana gempa Palu-Donggala yang terjadi beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan ini, Prof Nurdin Abdullah dalam sambutannya, mengakui, jika F8 merupakan agenda yang patut dibanggakan. Pasalnya, baru dilakukan tiga kali, F8 telah dimasukkan dalam 100 event nasional Wonderfull Indonesia Kementerian Pariwisata.

20181010_203941Tidak hanya itu. Nurdin justru berharap lebih. Ke depan, katanya, diharapkan budaya lokal bisa lebih ditampilkan.

“Saya yakin, seni budaya lokal kita dapat menjadi atraksi yang menarik. Kita harus mengangkat budaya lokal kita untuk dikenal masyarakat dunia,” ujar Nurdin.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini bukan sekadar hiburan. Akan tetapi, inti dari F8, kata Danny, bersatu untuk Indonesia, baik dalam motivasi kebudayaan, juga untuk kemanusiaan.

Sebanyak 60 pengungsi Palu yang berada di Kota Makassar, juga diajak khusus untuk mengikuti agenda ini. Bahkan, para pengungsi diberi tempat istimewa seperti para tamu undangan lainnya. (**)