Ayo Ikutan Makassar City Foto Award 2018, Ini Syaratnya…

LIPUTAN8.COM, MAKASSAR — Perhelatan Makassar Internasional Eight Festival and Forum (F8) akan digelar pada Rabu besok, 10 Oktober 2018 besok.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara yang diinisiasi oleh Pemerintah Kota Makassar ini tidak hanya diisi dengan penampilan kebudayaan dari Sulawesi dan mancanegara. Tapi juga terdapat perlombaan.

Salah satu lomba yang paling ditunggu-tunggu yaitu Makassar City Foto Award 2018. Lomba ini mengajak para pecinta fotografi, untuk membuat karya foto dengan objek tiap-tiap tema di F8 Makassar 2018.

“Ada 8 tema yang di sajikan dalam F8, yaitu Fashion, Food & Fruit, Fusion Music, Fiction Writer, Folk, Flora & Fauna, Fine Art dan Film. Peserta yang ingin mengikuti lomba fotografi, silahkan menyesuaikan dengan dengan tema-tema itu,” ungkap Panitia Makassar City Foto Award 2018, Haspan Hamid, Selasa (9/10/2018).

Syarat dan ketentuan lomba antara lain peserta merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), peserta bebas menggunakan kamera apapun. Foto tidak mengandung unsur provokatif, pornografi, ataupun menyinggung SARA. Karya foto merupakan karya asli, bukan hasil manipulasi digital dan bukan reproduksi.

Karya foto yang dikirim ke email [email protected], berupa file digital dengan sisi terpanjang minimal 3000 pixel dan resolusi minimal 300 dpi dalam format JPG.

Peserta diwajibkan memfollow instagram @lombafoto_f8. Kemudian mengunggah hasil karyanya dan mention 5 orang teman, serta menggunakan hastag #LombaFotoF8Makassar2018 #MakassarInternationalEightFestival #F82018 #MakassarDuaKaliTambahBaik.

Setiap peserta dapat mengirimkan maksimal 8 karya foto. Periode pengambilan foto yang diikutsertakan, yakni 10-14 Oktober 2018. Penamaan file foto berdasarkan kategori tema dengan format Kategori_Judul Foto_Nama Peserta_Nomor handphone. Contohnya Film_F8 Makassar_Ari Hanggara_0812345678.

Peserta dianggap tunduk pada peraturan yang dibuat panitia. Hanya satu orang pemenang yang akan dipilih tiap kategori. Keputusan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

“Pemerintah Kota Makassar berhak menggunakan foto-foto pemenang sebagai bagian dari publikasi, promosi, dan keperluan  non-komersial lainnya. Dengan tetap mencantumkan nama fotografer,” ungkapnya.

Jika ada foto peserta yang tidak menang dan dipergunakan untuk publikasi, lanjutnya, Pemerintah Kota Makassar juga akan tetap memberitahukan kepada fotografer yang bersangkutan.

Sementara itu, panitia lainnya, Ari Hanggara mengatakan, lomba fotografi ini akan digelar secara gratis. Peserta tidak dipungut biaya apapun.

“Ada 20 nominasi yang akan kita pilih. Karya foto tersebut akan kita pamerkan nantinya. Sedangkan untuk pemenang, ada 8 karya. Masing-masing satu per kategori tema,” ungkapnya.

Ari menambahkan, pemenang dalam Makassar City Foto Award 2018 akan mendapatkan piagam dan hadiah berupa uang tunai hingga jutaan rupiah.