Arianto Burhan Ajak Mahasiswa Jadi Pengusaha

LIPUTAN8.COM, MAKASSAR — Pengusaha muda Sulawesi Selatan, Arianto Burhan Makka (ABM), mengajak pemuda dan mahasiwa terjun di dunia usaha. Alasannya, bangsa akan cepat maju jika jumlah pengusaha makin banyak.

ABM yang juga Wakil Ketua BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sulsel ini mengatakan, pemuda jangan terjebak untuk selalu bercita-cita menjadi pegawai, apalagi peluangnya sangat sempit.

Dunia usaha, kata dia, adalah pekerjaan yang mudah dilakoni dan mampu membantu meringankan beban negeri ini untuk mengurangi jumlah pengangguran.

“Dunia usaha selain sebagai peluang kerja alternatif juga mampu memperluas lapangan kerja. Jika usaha sudah berhasil, kita bisa pekerjakan orang lain,” kata ABM saat menjadi pembicara utama dalam Dies Natalies XIX Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Simbuang-Mappak (IPPEMSI) Tana Toraja, di Makassar, kemarin.

ABM yang juga Calon anggota DPD RI nomor urut 25 ini menambahkan,” Usaha memberikan peluang kerja. Anda berusaha, artinya Anda sudah bekerja. Jika usaha Anda berhasil? Anda akan mempekerjakan orang lain dan meringankan beban negara dengan mengurangi jumlah pengangguran.”

Dies Natalies ini dihadiri seratusan pemuda asal Simbuang-Mappak, Kabupaten Tana Toraja, yang menempuh kuliah di Makassar. Hadir pula puluhan pemuda dari berbagai organisasi yang antusias mendengarkan materi pemuda dan usaha yang dikupas tuntas oleh ABM.

“Pemuda jangan selalu bercita-cita menjadi PNS, sebab percepatan pembangunan akan terasa lebih cepat dengan adanya banyak pengusaha. Pemuda harus berani menjadi pencipta lapangan kerja dengan masuk ke dunia usaha,” tandas ABM yang juga adalah Ketua Badan Pengusaha Pemuda Pancasila Sulsel.

Dalam Dies Natalies bertema “Pemuda dan Tantangan Kebangsaan” yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel ini, Arianto didaulat menjadi pembicara utama karena kegigihannya membangun usaha dari bawah.

Bagi mahasiswa Toraja, Arianto disebut sebagai tokoh pemuda inspiratif dan layak menjadi panutan nasional.

“Kami pun mendukung langkah beliau untuk maju ke kursi DPD agar dapat memberi inspirasi bagi pemuda Indonesia. Kita bangga punya pemuda seperti Pak Anto,” kata Pengurus IPPEMSI, Agustinus.

Sementara itu utusan Pemprov Sulsel, Andi Muhammad, yang juga hadir sebagai pembicara juga memberikan apresiasi besar atas kehadiran ABM sebagai pembicara serta apresiasi terhadap kegiatan tersebut. (*)