Kado Terbaik HUT Polantas Ke-63, Wagub Sulsel Puji Pelayanan Prima Samsat Makassar

LIPUTAN8.COM, MAKASSAR – Kehadiran Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Makassar dituntut memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sistem cepat, tepat dan professional. Salah satu tantangan yang dihadapi dalam rangka memberikan kenyamanan dan kepuasan wajib pajak adalah model pelayanan prima yang mesti dikedepankan.

Pelayanan Samsat Makassar berbasis sistem online sistem merupakan salah satu bentuk pelayanan prima yang dikedepankan. Sistem ini merupakan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online di Kantor Samsat manapun dalam wilayah Provinsi Sulawesi Selatan.

Secara umum pelayanan Samsat dilakukan secara terbuka di masing-masing daerah. Dimana wajib pajak langsung mendatangi loket pelayanan di Kantor samsat setempat.

Hadirnya layanan Samsat keliling berupa layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara mobile dengan mendatangi wajib pajak di lokasi strategis, juga salah satu wujud pelayanan prima dengan sistem “jemput bola”. Layanan ini terkoneksi secara online dengan kantor Samsat se-Sulsel.

Pelayanan prima ini mutlak diberikan kepada masyarakat guna menggugah kesadaran membayar pajak kendaraan. Bentuk pelayanan terbaik menjadi keharusan mengingat jajaran Satuan Lalu Lintas akan memperingati HUT Polisi Lalu Lintas (Polantas) ke-63 tahun 2018, setidak-tidaknya akan menjadi kado terbaik di hari jadinya tahun ini.

Setelah resmi menjabat, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman baru-baru ini berkunjung ke Kantor Samsat Makassar, Jalan Mappanyukki Makassar, Rabu, (12/9/2018), kemarin.

Adik kandung Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman ini diterima langsung Kepala UPTD Samsat Makassar Harmin Hamid.

“Kami ingin melihat pelayanan dan kecepatan bekerja yang ada di Samsat Makassar ini. Ternyata, pelayanan yang diberikan ya lumayan cepat, tepat dan terukur,” kata Sudirman Sulaiman.

Menurutnya semua wajib pajak harus dilayani dengan baik. Apakah itu melalui pelayanan sistem ATM atau sistem online. Andi Sudirman menginstruksikan kepada Kepala UPTD Makassar 1 Selatan, Harmin untuk segera melakukan inisiasi dengan pihak Kepolisian dengan Samsat Makassar untuk melakukan pembayaran dengan sistem elektronik untuk pembayaran pajak tahunan.

“Artinya untuk pembayaran pajak kendaraan tahunan-tahunan ini tidak perlu lagi datang ke Samsat untuk antri. Untuk struk di ATM itulah sebagai bukti sah pengesahan pajak mereka,” katanya.

Sementara itu, Kepala UPT Samsat Makassar 1, Harmin Hamid mengatakan dirinya akan komitmen dengan pelayanan zero antrian. Menurutnya pelayanan sebelumnya telah diakui oleh Wagub Sulsel, hanya saja jika ini dikembangkan akan menjadi lebih sempurna.

“Insya Allah, kami siap memberikan pelayanan prima. Apalagi Pak Wagub Sulsel telah menekankan pelayanan yang baik di Samsat,” katanya. (***)

 

 

Penulis : Tejho
Editor : Andi Afdal