Ini Ancaman Tersangka Penyekap Tiga Bocah di Makassar

LIPUTAN8.COM, MAKASSAR – Meilania Detaly Dasilva alias Mey (31) tersangka dalam kasus penyegapan tiga anak di bawah umur di Makassar terancam hukuman penjara 5 tahun.

Pelaku disangkakan melanggar Pasal 77B junto Pasal 76B Pasal 80 ayat 1 junto Pasal 76C atas Undang-Undang (UU) RI No.23 Tahun 2016 perubahan atas UU RI No.23 Tahun 2002 perlindungan anak serta Pasal 44 ayat 1 UU RI No.22 Tahun 2004 tentang Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) .

“Pelaku terancam kurungan penjara 5 tahun dengan denda paling banyak Rp. 100 Juta, ” kata Kasat Resrkim Polrestabes Makassar, Kompol Wirdhanto Hadicaksono, Selasa (18/9/2019) sore tadi.

Wirdhanto menyebutkan dalam kasus tersebut lebih banyak ke faktor ekonomi. Terhimpitnya ekonomi dari tersangka sehingga banyak kekurangan atau ketidaklayakan perlakuan kepada anak, mulai dari aspek pendidikan, ekonomi dan termasuk apabila terjadi kekerasan dalam rumah tangga tersebut.

“Pengakuan tersangka hanya pembinaan saja, namun pada prinsipnya lebih banyak ke faktor ekonomi, ” sebut Wirdhanto .

Lebih jauh Wirdhanto menjelaskan, saat ini pihaknya terus melakukan pendalaman berkaitan dengan masalah dokumen baik akta kelahiran maupun catatan sipil. Selanjutnya juga akan dilakukan tes DNA dengan mengundang tim dari Laboratorium Forensik (Labfor) untuk membuktikan ketiga bocah tersebut merupakan anak kandung dari tersangka atau bukan.

“Kita akan lakukan tes DNA untuk mengetahui apakah korban ini adalah anak kandung pelaku atau bukan, ” jelas Wirdhanto.

Diberitakan sebelumnya, penetapan Meilania Detaly Dasilva alias Mey (31), sebagai tersangka adalah setelah polisi melakukan serangkaian penyelidikan seperti tujuh orang saksi, pengumpulan alat bukti yang ada di temukan di lokasi saat dilakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Kejadian tersebut berhasil terungkap pada Minggu 16 September 2018 kemarin.Dimana saat anggota Polsek Panakkukang bersama dengan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) penyekapan anak di Jalan Mirah Seruni Ruko FF, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar.

 

 

Penulis : Tejho
Editor : Andi Afdal