Ketua FK LPM dan Lurah Tinjau Pengelolaan Air Bersih dan Sanitasi Warga Manggala

LIPUTAN8.COM, MAKASSAR – Ketua Forum Komunikasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (FK-LPM) kecamatan Manggala, Andi Pasamangi Wawo, memuji capaian kinerja yang dilakukan oleh Pelompok Pengelola Sistem Penyedia Air Minum dan Sanitasi (KP-SPAMS) yang ada di kelurahan Manggala.

Hal itu diutarakan Andi Pasamangi di sela-sela kunjungannya bersama lurah Manggala, Andi Anshar, S.Stp, M.Si di salah satu Penyedia Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) yang dikelola KP-SPAMS yang berada di kelurahan Manggala, kecamatan Manggala, kota Makassar, Sabtu (15/9).

Menurut Andi Pasamangi, hadirnya PAMSIMAS merupakan jawaban dari apa yang menjadi kebutuhan sebagian warga Makassar, terkhusus bagi warga Manggala yang masuk dalam kategori sosial menengah ke bawah.

“Sangat inovatif, dan inilah yang disebut sebuah respon dalam menjawab apa yang menjadi kebutuhan warga, apalagi layanan air bersih, PAMSIMAS dan KP-SPAMS Manggala, kami dari LPM sangat mengapresiasi,” ungkap Andi Pasamangi Wawo.

Senada dengan itu, Andi Ansar selaku Lurah Manggala ikut mengapresiasi KP – SPAMS dan PAMSIMAS di Manggala, selain sebagai penyedia air bersih dan sanitasi, KP – SPAMS ini juga telah membuka lapangan kerja dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat disekitar.

Sementara itu Ketua KP-SPAMS kelurahan Manggala, Husni Mubaraq mengatakan, bahwa sejak berdiri dari hasil koordinasi dengan pihak dinas PU Kota Makassar di tahun 2010 hingga saat ini.

Pihaknya telah mengelola sebanyak 378 sambungan rumah pelanggan, yang pada umumnya pelanggannya berasal dari kalangan ekonomi menengah ke bawah.

Adapun terkait sumber mata air lanjut Husni, pihaknya memanfaatkan air yang produksi dari sumur bor, dan saat ini telah memilik sumber mata air sebanyak 3 titik ditempat yang berbeda, dengan kecepatan semburan mesin pompa 5 liter perdetik.

“PAMSIMAS yang kami kelola ini itu berawal dari hasil koordinsasi dengan Dinas PU Kota Makassar, kami coba mengusulkan untuk diberi ruang dan support, itu pada tahun 2010, alhamdulilah, Dinas PU Kota Makassar merespon positif permohonan kami, dan sampai saat ini kami bisa berjalan dengan statistik semakin naik,” tegas Husni.

Untuk diketahui, Program PAMSIMAS merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia dengan dukungan Bank Dunia, dan dilaksanakan di wilayah pedesaan dan pinggiran kota. Bertujuan memberikan kemudahan warga masyarakat berpenghasilan rendah dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. (**)