Lima Oknum Karyawan Telkom Ditangkap Polisi, Ini Kasusnya

LIPUTAN8.COM, PINRANG – Lima orang oknum karyawan PT Telkom, diamankan ke Mapolres Pinrang karena diduga terlibat dalam tindak pidana pencurian kabel di Kampung Karangan, Kecamatan Mattirobulu, Kabupaten Pinrang, Rabu (13/9/2018) malam.

Dari informasi yang dihinpun dari kepolisian, kelima oknum karyawan PT Telkom tersebut masing-masing bernama Wahyuddin (34), Burhanudin (31), Rizal (22) warga Kabupaten Pinrang. Muh. Rizal Masselomo (25) dan Arif (30) yang keduanya adalah warga Kota Parepare.

Kapolres Pinrang, AKBP Adhi Purboyo mengatakan, berdasarkan adanya informasi dari anggota Intelmob Detasemen B Pelopor Pare pare bahwa adanya pelaku pencurian kabel yang diamankan, maka anggota Tim Crime Fighter langsung melakukan penyemputan terhadap pelaku untuk dibawa ke Mako Polres Pinrang.

“Pelaku merupakan karyawan PT. Telkom dan melakukan pencurian dengan masih menggunakan baju dinas PT. Telkom. Mereka beraksi dengan cara memanjat dan memotong kabel dengan menggunakan gergaji,” kata Adhi Purboyo, saat dikonfirmasi, Kamis (13/9/2018) malam.

Saat dilakukan pemeriksaan awal, tersangka mengakui perbuatannya telah melakukan aksi pencurian kabel Telkom sepanjang kurang lebih 650 meter di Kampung Karangang, Kecamatan Mattiro Bulu, Kabupaten Pinrang. Barang bukti pelaku kemudian kemudian dijual ke salah satu pengusaha jual beli besi tua yang berada di Kampung Jaya.

“Dari interogasi awal, pelaku mengakui perbuatannya. Kita juga berhasil mengamankan penadah barang hasil curian pelaku bernama Pandek Rifai yang dikuatkan dengan ditemukannya barang bukti kabel hasil jualan pelaku,” jelas Adhi Purboyo.

Adhi menambahkan, dalam kasus tersebut PT. Telkom mengalami kerugian yang diperkirakan kurang lebih 270 juta rupiah.

“Dari keterangan korban, Takri Jaya Rifai selaku Asisten Manager Witel Sulbar yang juga pelapor, kerugian diperkirakan sebesar 270 juta,” tambah Adhi.

Hingga saat ini, para pelaku bersama barang bukti telah diamankan di Mapolres Pinrang untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut.

 

 

Penulis : Tejho
Editor    : Rafa