Perayaan Idul Adha 1439 H, Jokowi Sumbang Sapi Metal di Sulsel dan Sulbar

LIPUTAN8.COM, Makassar – Presiden Joko Widodo atau Jokowi beserta keluarga kembali menyumbangkan sapi kurban di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, pada perayaan Idul Adha 1439 Hijriah, Rabu 22 Agustus 2018, besok.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulawesi Selatan, Abdul Azis menyebutkan sapi metal yang dibeli Jokowi di Sulawesi Selatan beratnya mencapai 920 kilogram.

“Kalau melihat sapinya saya perkirakan 920 kilogram. Harganya  sekitar Rp 45 juta. Ini juga sudah dibahas di Jakarta sebelumnya,” kata Abdul Azis beberapa waktu lalu.

Abdul Azis menyebutkan bahwa sapi metal yang akan dikurbankan tahun ini dibeli dari Kabupaten Maros yang nantinya akan dipotong di Lapangan Karebosi, Kota Makassar.

“Untuk di Sulsel akan diserahkan di lapangan Karebosi dan diwakili oleh Penjabat sementara Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono,” jelasnya.

Sementara di Sulawesi Barat, sapi metal yang disumbangkan Jokowi beratnya mencapai 1 ton. Sapi berumur 2,5 tahun itu dibeli dengan harga Rp 67 juta.

“Iya itu sapi saya, beratnya terakhir ditimbang itu sampai 1 ton, harganya Rp 67 juta,” kata Ummi Kalsum, warga Desa Sugihwaras, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polman yang sapinya dibeli oleh Jokowi.

Ummi sapaan akrab pemilik sapi yang dibeli Jokowi menjelaskan sapi miliknya itu awalnya dibandrol dengan harga Rp 70 juta. Tapi ia mengaku ikhlas melepasnya dengan harga lebih murah karena yang membelinya adalah orang nomor satu di Republik Indonesia.

“Rasanya sedih karena sapi itu kami rawat sejak lahir, induknya saja masih ada sampai sekarang. Tapi suatu kebanggaan karena yang beli adalah Pak Jokowi,” singkat Ummi Kalsum.

 

 

Penulis : Tejho
Editor    : Rafa