Pemberian Vitamin A di Posyandu Cempaka V Kelurahan Gaddong

LIPUTAN8.COM — Ketua TP PKK Kecamatan Bontoala, Ayulina Arman didampingi Ketua TP PKK Kelurahan Gaddong Darmawati A.Asdar melakukan pemberian vitamain A di Posyandu Cempaka V Jalan Bulusarauang, Kelurahan Gaddong, Sabtu (11/8/2018) pagi.

Setiap bulan Februari dan Agustus, di Posyandu ini membagikan vitamin A untuk anak balita. Sasaran program ini adalah balita dari usia 6 bulan sampai dengan 59 bulan. Vitamin A yang dibagikan adalah vitamin A dosis tinggi. Serta tak ketinggalan pula bagi ibu nifas (menyusui bayi hingga usia 42 hari).

Menurut Ketua TP PKK Kecamatan Bontoala, Ayulina Arman, berdasarkan kajian berbagai studi ditemukan bahwa vitamin A merupakan zat gizi yang sangat diperlukan bagi manusia, karena zat gizi ini sangat penting agar proses-proses fisiologis dalam tubuh berlangsung secara normal, termasuk pertumbuhan sel, meningkatkan fungsi penglihatan, meningkatkan imunologis dan pertumbuhan badan.

“Pemberian vitamin A sendiri dilakukan dengan maksud untuk memberikan asupan lebih dalam meningkatkan daya tahan tubuh pada balita. Vitamin A diberikan sejak usia enam bulan hingga lima tahun. Tentunya dengan dosis yang berbeda,” ujarnya.

“Ada dua jenis vitamin A sesuai dengan usia balita, karena kebutuhannya sudah berbeda,” ucap Ayulina.

Ia menuturkan, pemberian vitamin A dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan Posyandu. Untuk jadwalnya sesuai dengan pelaksanaan posyandu di masing-masing wilayah. Vitamin A didistribusikan melalui puskesmas setempat.

“Vitamin ini diberikan selama satu bulan penuh, pelaksanaannya tergantung jadwal Posyandu, karena masing-masing wilayah berbeda,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, diharapkan melalui pemberian vitamin A tersebut seluruh balita di Kecamatan Bontoala dapat memperoleh asupan vitamin tambahan.

Tentunya dengan maksud agar daya tahan tubuhnya dapat semakin meningkat dan tidak  mudah terserang berbagai penyakit. (fik)