Deklarasi #2019 GantiPresiden Belum Kantongi Izin Dari Kepolisian, Ini Alasannya

LIPUTAN8.COM, Makassar – Kegiatan Sosialisasi Nasional Deklarasi #2019GantiPresiden yang rencananya dihadiri puluhan ribu massa dilaksanakan di Monumen Mandala, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Makassar pada Minggu, 12 Agustus 2018 mendatang, hingga saat ini belum mengantongi izin dari pihak kepolisian.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Irwan Anwar di Mapolrestabes Makassar, Jumat (10/8/2018) siang.

“Panitia pelaksana sudah ke Polrestabes Makassar pada hari Rabu kemarin dengan menyerahkan surat terkait rencana kegiatan Deklarasi #2019GantiPresiden. Akan tetapi, persyaratan untuk kegiatan tersebut belum terpenuhi sehingga sampai saat ini belum diberikan izin,” jelas Irwan Anwar.

Irwan menjelaskan bahwa pada dasarnya pihak kepolisian mendukung kegiatan tersebut, sepanjang memenuhi persyaratan sesuai dengan peraturan pemerintah RI nomor 60 tahun 2017.

Persyaratan yang dimaksud ada lima yaitu memasukkan surat, proposal kegiatan, izin dari Kesbang atau Dinas Pariwisata Prov Sulsel karena lokasi yang digunakan Monumen Mandala, Dishub atau Lalu Lintas dan terakhir izin dari Rumah Sakit Pelamonia.

“Dari lima persyaratan tersebut, baru satu yang terpenuhi yaitu surat sedangkan persyaratan 2,3,4 dan 5 sementara dalam proses jadi Polrestabes belum memberikan rekomendasi atau izin,” jelasnya.

Kapolrestabes mengaku pihak masih memberikan kesempatan kepada penyelenggara kegiatan untuk melengkapi persyaratan tersebut. Dan kalaupun tidak terpenuhi maka tidak akan diberikan izin.

“Sesuai dengan peraturan yang ada yaitu harus terpenuhi semua syarat-syarat dan
kita memberikan kesempatan untuk memenuhi persyaratan yang dimaksud,” tutupnya.

Diketahui sebelumnya, telah beredar luas di seperti di medsos bahwa deklarasi #2019 GantiPresiden akan digelar di Kota Makassar, 12 Agustus 2018, mendatang di Monumen Mandala, Jalan Jenderal Sudirman. Kegiatan tersebut juga dijadwalkan akan dihadiri oleh aktivis #2019 GantiPresiden, Neno Warisman dan musisi John Sang Alang.

 

Penulis : Tejho
Editor : Andi Afdal