Pelaku Penipuan Modus Sobis di Jeneponto Dibekuk di Pinrang

LIPUTAN8.COM, Pinrang – Pelaku penipuan dengan modus sobis berhasil diamankan oleh tim gabungan Tim Pegasus Polres Jeneponto diback up Resmob Polres Pinrang, Rabu malam (8/8/2018) kemarin.

Adalah Arlan alias Arwan (27). Pelaku yang kesehariannya sebagai sopir mobil berhasil diamankan di rumahnya sendiri di Jalan Kampung Akkajang, Kelurahan Mattunru Tunrue, Kecamatan Cempa, Kabupaten Pinrang.

Kapolres Pinrang, AKBP Adhi Purboyo mengungkapkan, bahwa penangkapan terhadap tersangka berawal dari adanya laporan polisi di Polres Jeneponto. Kemudian anggota Polres Jeneponto melakukan penyidikan dan berhasil mengetahui keberadaan pelaku yang menarik uang tersebut di salah satu bank di wilayah Kabupaten Pinrang.

Kemudian anggota Polres Jeneponto langsung berkoordinasi dengan Resmob Polres Pinrang dan Tim Monitoring Resmob Polda Sulsel. Sesampainya di wilayah Pinrang, anggota langsung melakukan penyelidikan dan berhasil mengetahui keberadaan pelaku di rumahnya sehingga langsung dilakukan penangkapan.

“Saat dilakukan penangkapan di rumahnya, pelaku lagi-lagi sementara melakukan sobis,” kata Adhi Purboyo, Kamis (9/8/2018) siang.

Adhi menjelaskan, awalnya pelaku menelpon korban bernama Dahlia dan mengaku sebagai teman suami dari korban yang bekerja di Pontianak. Kemudian pelaku meminta uang Rp 51 Juta sehingga langsung dikirimkan tanpa menaruh rasa curiga. Sebelumnya lanjut Adhi, suami korban memang pernah menelpon untuk dikirimkan uang sehingga korban berpikirian bahwa pelaku tersebut memang suruhan dari suami korban.

Selain mengamankan pelaku, personel gabungan juga berhasil menyita barang bukti berupa 15 buah ATM berbagai jenis, 10 buah buku tabungan, 13 buah handphone, tiga buah laptop, dua buah modem, tiga buah dompet, uang tunai Rp 1,6 Juta dan puluhan jenis kartu telepon.

Saat dilakukan interograsi, pelaku mengakui perbuatannya telah melakukan penipuan bersama teman-temannya. Namun, teman-temannya saat ini telah melarikan diri dan sementara DPO.

“Pelaku telah diamankan untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut,” pungkas Adhi Purboyo.

 

Penulis : Tejho
Editor : Andi Afdal