Dua Oknum Kades di Bone Jadi Tersangka Kasus Korupsi Dana Desa

LIPUTAN8.COM, Bone – Kepolisian Resor (Polres) Bone akhirnya resmi menahan dua tersangka oknum kepala desa (Kades) di Kabupaten Bone dugaan kasus korupsi dana desa, Selasa (7/8/2018).

Kedua oknum Kades tersebut adalah, Samsuddin Yesa, kepala desa Pattiro Riolo dan Plt kepala desa Pattiro Riolo, Kecamatan Sibulue, Kabupaten Bone, Syamsuddin Rahman.

“Keduanya ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan hasil temuan BPK. Dimana ditemukan kerugian negara sekitar Rp 540.851.000,” kata Kapolres Bone, AKBP Kadarislam Kasim, Selasa (7/8/2018).

Adapun penyimpangan yang dilakukan oknum kades tersebut adalah Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp 103.585.000 dan penyimpangan dana desa sebesar Rp 437.266.000, meskipun Inspektorat sendiri tidak menemukan penyimpangan.

Kadarislam menjelaskan, selain menahan dua tersangka kasus dugaan korupsi dana desa, sejauh ini pihaknya juga berhasil menyita barang bukti berupa dokumen dan uang tunai dari rekening kedua tersangka sebanyak Rp 79 Juta. Dari Syamsuddin Rahman sebanyak Rp 29 juta dan dari rekening Syamsuddin Yesa sebanyak Rp 50 Juta.

“Kedua tersangka telah melanggar ketentuan undang undang Tipikor, Permendagri, Perbup, dan Permendes.Keduanya terancam hukuman minimal 4 tahun dan paling lama 20 tahun,” jelasnya.

Untuk diketahui, selain Kades Pattiro Riolo, ada tiga yang sementara dalam penyidikan dan dua lainnya masih dalam tahap penyelidikan Tipikor Polres Bone.

 

Penulis : Tejho
Editor : Andi Afdal