Tumbuhkan Kedisiplinan, 2.730 Siswa SMP Pelatihan Bela Negara di Brimob Polda Sulsel

LIPUTAN8.COM, Makassar – Sebanyak 2.730 siswa SMP dari delapan sekolah di Kota Makassar mengikuti Pelatihan Bela Negara Pelajar SMP Se Kota Makassar di Brimob Polda Sulsel, Sabtu (4/8/2018) pagi.

Dalam pelatihan tersebut peserta dibagi dua lokasi masing-masing di Makosat Jalan KS Tubun sebanyak 1.450 siswa dan di Yon A Jalan Pabaengbaeng sebanyak 1.280 siswa. Pelaksanaan kegiatan dimulai pagi hingga malam pukul 20.00 wita dengan mengusung tema “Dengan pelatihan bela negara pelajar meningkatkan nasionalisme dan patriotisme dalam rangka penguatan pendidikan karakter”.

Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan dengan inspektur upacara (irup) Plt Sekda Kota Makassar Dr Naisya TN Azikin. Selanjutnya diberikan materi PBB kepada siswa untuk melatih kedisiplinan dan kekompakan.

Pelaksanaan kegiatan bela negara juga didampingi pihak Dinas Pendidikan Kota Makassar, yang dihadiri Kepala Bidang Pendidikan Dasar Ahmad Hidayat, guru pendamping serta para kepala sekolah SMP yang mengikuti pelatihan.

IMG-20180804-WA0052

Ketua Penyelenggara Pelatihan Bela Negara di Brimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan mengatakan, pelaksanakan kegiatan dimaksudkan untuk melatih kedisiplinan dan kelompakan para pelajar SMP. Selain itu, kata dia, untuk menanamkan kecintaan dan wawasan kebangsaan sejak dini kepada para pelajar.

“Diharapkan para pelajar yang mengikuti kegiatan ini, agar dapat menjadi generasi penerus yang handal dengan wawasan kebangsaan,” ujar Nur Ichsan.

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di Mako Brimob Sulsel nantinya akan ditutup dengan kegiatan renungan dan api unggun. Tujuannya agar semua materi yang diberikan selama pelatihan bisa ditanamkan dan nantikan di aplikasikan di sekolah dan masyarakat.

 
Penulis : Tejho
Editor : Andi Afdal