Jelang Hut ke 49, PDAM Makassar Gelar Press Tour dan Gathering Bersama Awak Media

LIPUTAN8.COM, MAKASSAR — Dalam rangka Hari Ulang Tahunnya yang ke 49 Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Kota Makassar menggelar Press Tour dan Gathering yang dihadiri beberapa jurnalis dari berbagai media Cetak, Elektronik dan Online, Sabtu (04/08/16).

Dalam kegiatan digelar, para awak media diajak mengnjungi dua lokasi yaitu Bendungan Leko Paccing dan Bendungan Bili bili yang berada di Kabupaten Maros.
Kabag Humas PDAM Makassar,  Muh Idris menjelaskan,  selain mempererat tali silaturahmi dengan awak media, juga mengajak media untuk mengetahui bagaimimana kondisi sumber air baku dibeberapa tempat,  seperti Bendungan Lomekko Pancing,  Instalsi IPA 5 Somba Opu, dan Sungai Moncongloe.
“Jadi kunjungan ke beberapa tempat sumber air baku PDAM ini selain silaturahmi,  kami juga ingin menyampaikan dan memperlihatkan langsung bagaimana kondisi air baku dibeberapa tempat kepada teman-teman media,  “kata Idris saat berada di Bendungan Lekko Pancing,.
Untuk tempat pertama yang dikunjungi yakni sumber air baku di bendungan Lekko Pancing Kabupataen Maros. Dibendungan ini rombongan awak media melihat langsung bagaimana kondisi debit air yang ada sekarang.
Menurut Idris,  Bendungan Lekko Pancing ini merupakan wadah sumber air baku yang cukup besar untuk diproduksi menjadi air bersih untuk diwilayah kota Makassar. Pasalnya,  Lekko Pancing bisa menyuplai air bersih untuk tujuh kecamatan di Makassar,  seperti,  Kecamatan Tallo,  Ujung Tanah,  Bontoala,  Wajo,  Biringkanaya,  dan Tamalanrea.
 “Jadi kalau debit air surut di Lekko Pancing suplai air untuk ke kota Makassar menurun,  meski demikian masih ada sumber air baku juga dari sungai moncongloe yang membantu,  “jelasnya.
Lebih lanjut untuk suplai air baku dari Lekko Pancing itu bisa menghasilkan 1500 liter perdetik. Namun jika airnya surut maka jumlah debit air yang dihasilkan Lekko Pancing hanya 600 liter perdetik. Sedangkan jumlah pelaggan yang dicover oleh Lekko Pancing untuk wilayah Makassar itu mencapai 60 ribu pelanggan dari tujuh kecamatan.
IMG20180804111703“Khusus untuk Lekko pancing dan IPA dua Panaikang itu bisa mencover 60 ribu pelanggan di Makassar,  “pungkasnya. (op)