Cyber Crime Polda Sulsel Amankan Sindikat Penipuan Online

LIPUTAN8.COM, Makassar – Direktotat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) unit Cyber Crime Polda Sulsel melakukan penangkapan terhadap tiga orang terduga sindikat penipuan online di BTN Hamzi, Pondok Aulia, Kecamatan Tamalanrea, Makassar, Senin (23/7/2018) lalu.

Ketiga terduga pelaku yang berhasil diamankan adalah, Andika Dini Putra alias Andika (23) seorang mahasiswa, warga Kabupaten Sengkang, Aldi Renaldi alias Aldi (17) dan Jailani alias Jailani (21) yang keduanya adalah warga Kabupaten Sidrap.

Kepala Bidang Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengungkapkan, ketiga pelaku berhasil diamankan anggota melakukan penyelidikan atas dasar laporan korban, Aisyah.

Modus operandi komplotan pelaku kata Dicky adalah, pelaku mengambil alih akun BBM milik orang lain dengan menggunakan email dan password yang diposting di blog atau fresh BBM account. Selanjutnya pelaku menyamar sebagai pemilik akun dan menawarkan HP dengan harga murah ke kontak yang ada dengan harapan ada yang tertipu dan melakukan transaksi via transfer.

“Modus pelaku mengambil alih akun orang lain, dan menyamar sebagai pemilik akun dan melakukan penipuan dengan modus menjual HP dengan harga murah,” kata Dicky Sondani, Rabu (25/7/2018).

Selain mengamalan tiga terduga pelaku,polisi juga menyita barang bukti berupa 2 buah Hp Xiomi, satu buah Iphone 7, satu buah hp Coolpad dan satu buah hp merek Samsung.

Untuk kerugian korban, Aisyah, Dicky menjelaskan korban mengalami kerugian sekitar 5,8 juta rupiah .

“Kerugian korban jutaan rupiah dan tidak tertutup Kemungkinan masih ada korban yang belum melapor, ” sambungnya.

Saat ini, ketiga pelaku bersama barang bukti telah diamankan di Mapolda Sulsel guna pemriksaan lebih lanjut.

Penulis : Tejho
Editor    : Andi Afdal