Kemenangan Kolom Kosong Awali Rekapitulasi Sementara KPU Tingkat PPK Kecamatan

LIPUTAN8.COM, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar mulai melakukan rapat pleno hasil perhitungan suara Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar 2018 tingkat kecamatan di Hotel Max One, Jalan Taman Makam Pahlawan, Makassar, Jumat (6/7/2018) dini hari.

Hasil perhitungan sementara, baru dua Kecamatan rampung yaitu Kecamatan Biringkanaya dan Kecamatan Sangkarrang.

Dari data perolehan suara, di Kecamatan Biringkanaya, pasangan calon (paslon) tunggal Munafri Arifuddin-Andi Rahmatika Dewi (Appi-Cicu) meraih 36.092 suara, Sedangkan kolom kosong (koko) unggul dengan perolehan suara hingga 39.320.

Sementara itu di Kecamatan Sangkarrang, kolom kosong tetap unggul dengan 3.645 suara sedang Appi-Cicu yang hanya meraih 3.261 suara.

Hingga berita ini diturunkan, rapat rekapitulasi ditunda hingga Jumat (6/7/2018) pukul 09.00 Wita, karena waktu tidak memungkinkan.

Pelaksanaan rekapitulasi pilwalkot tingkat KPU tersebut, dilaksanakan setelah pelaksanaan rekapitulasi Pilgub Sulsel pada tingkat yang sama.

Namun pelaksanaan rekapitulasi Pilgub Sulsel tersebut berjalan cukup alot, bahkan menemui beberapa kendala, yakni pada hasil rekapitulasi tingkat PPK Kecamatan Tamalate dan Bontoala. Sehingga harus ditunda dan mendahulukan kecamatan lain.

“Kemudian berkaitan dengan kecamatan Tamalate, kita lakukan tanpa tanda tangan ketuanya. Tadi dipermasalahkan karena tidak ada tanda tangan ketuanya. Seperti diberitakan media, ketua PPK Tamalate lagi dicari, sampai saat ini belum ketemu,” papar Komisioner KPU Makassar Divisi Teknis, Abdullah Manshur. (**)