KPU Sulsel Restui PPK Kecamatan Tamalate di Pecat

LIPUTAN8.COM, MAKASSAR — KPU Sulsel akhirnya merekomendasikan pemecatan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Tamalate, kota Makassar. Sikap tegas dilakukan pasca manipulasi rekapitulasi perhitungan suara yang diduga dilakukan PPK tersebut.

“Benar. Kita memberikan penyampaian ke KPU Makassar itu kemarin. Isinya meminta KPU Makassar untuk memberhentikan PPK Tamalate,” tegas Ketua KPU Sulsel Misna M Hattas saat ditemui di sekretariat KPU Sulsel Jl AP Pettarani, Senin (02/07/2018).

Menurut Misna alasan pemecatan yang surat rekomendasinya telah dikeluarkan oleh KPU Sulsel ke KPU Makassar sejak Minggu (01/7/2018) lalu, lantaran PPK Tamalate disebut sebagai biang kekisruhan di Pilwalkot Makassar 2018.

“Sesuatu yang menjadi penyebab kekisruhan memang sudah seharusnya diberikan penindakan. Apalagi kalau melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dan melanggar regulasi,” jelasnya.

Saat ditanya, apakah hanya Ketua PPK Tamalate atau anggota PPK lain yang juga direkomendasikan untuk dipecat, Misna menyerahkan sepenuhnya kepada KPU Makassar. (**)