Dugaan Manipulasi Data, Panwas Periksa Ketua KPU Makassar Menyusul PPK Tamalate

LIPUTAN8.COM, MAKASSAR — Temuan tindak kecurangan oleha Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kota Makassar saat ini sementara ditangani, termasuk pemeriksaan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar, Syarif Amir.

“Berdasarkan hasil temuan dan laporan yang kami tindak lanjuti, saat ini pemeriksaan sedang kami lakukan terhadap KPU,” kata Moh. Maulana saat ditemui di Kantornya, Jalan Angrek Raya, Gedung PKK Kota Makassar, Sabtu (30/6/2018).

Ketua KPU Makassar diperiksa akibat adanya dugaan manipulasi data oleh pihaknya. Misalnya di TPS 06 Kelurahan Bontoduri dengan hasil rekapitulasi suara dari KPPS yang disaksikan sejumlah warga, dimana Pasangan Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) memperoleh 94 suara. Sedangkan Kolom kosong sebanyak 138 suara.

Namun perubahan drastis tiba-tiba di tampilkan KPU Makassar pada websitenya, dimana Appi-Cicu unggul dengan memperoleh suara sebanyak 238 dan Kolom kosong hanya 1 suara.

Maulana menjelaskan, sejauh pemeriksaannya terkait adanya perubahan data yang dilansir oleh KPU Makassar itu menuai banyak pertanyaan siapa dibalik semua ini, sehingga Panwaslu dalam pemeriksaannya melirik PPK.

Sehingga, 5 orang anggota PPK Tamalate yang tak ingin disebutkan namanya oleh Panwaslu itu akan diperiksa terkait input data C1 KWK, untuk membandingkan dengan temuan yang diperoleh pihak Panwaslu.

“Sejauh ini yang kami dapati jadi aktor utama dokumen yang diperoleh KPU itu sekaitan dengan dokumen yang diserahkan oleh PPK, itu nanti kita bisa simpulkan pada pemeriksaan sebentar, kami agendakan pemeriksaan sebentar terhadap 5 anggota PPK tamalate,” pungkasnya