Real Count KPU di Beberapa TPS di Makassar Berbeda dengan Data C1 Plano

LIPUTAN8.COM, MAKASSAR — Perbedaan data C1 KWK Pilkada Makassar dengan hasil real count KPU yang terpublikasi di website resminya, kian bertambah, pada Jumat (29/6/2018).

Setelah sebelumnya TPS 06 Kelurahan Bontoduri, Kecamatan Tamalate terdapat hasil yang berbeda, kini warganet kembali memposting foto yang berbeda terjadi di TPS 25 Kelurahan Paccerakkang, Kecamatan Biringkanayya, Makassar.

Pilkada Makassar: Beredar Foto Rekapitulasi C1 yang Beda dengan Real Count KPU

IMG-20180629-WA0225 IMG-20180629-WA0220Pada foto C1-KWK tersebut, terdapat 93 suara yang memilih pasangan Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) dan ada sebanyak 104 yang memilih kolom kosong. Terdapat 8 suara yang tidak sah dari 205 total pemilih.

Namun, lagi-lagi dalam situs real count KPU, terjadi perbedaan data. Dalam situs tersebut tercatat, ada 70 suara (70,43 persen) yang memilih Appi-Cicu. Sementara yang memilih kolom kosong sebanyak 20 suara (28,57 persen) dan 7 suara yang tidak sah.

Dalam situs tersebut juga dicatat, ada sebanyak 205 pengguna hak pilih atau pemilih. Namun, dalam lembaran scan selanjutnya tercatat, hanya ada 127 total pemilih.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada penjelasan resmi dari KPU Makassar.

Eks Komisioner KPU Makassar, Nurmal Idrus dimintai tanggapan perihal itu menyampaikan, masyarakat tidak perlu khawatir soal itu. Sebab menurutnya, pada akhirnya ketika rekapitulasi di PPK, C1 Plano akan dibuka.

“C1 Plano tak punya salinan seperti halnya C1 Kecil  yang punya salinan 6 lembar. C1 plano berada dalam kotak suara dan baru dibuka saat rekapitulasi di PPK. Kalaupun ada yang mengutak atik C1 plano maka akan ada C1 kecil yang akan menjadi acuan terutama yang dipegang oleh PPS dan Panwas,” jelasnya.

Sekadar diketahui, real count KPU ini bukanlah menjadi yang menjadi acuan pemilihan. Sebab, hasil rekapitulasi akhir tetap berdasarkan penghitungan manual penyelenggara secara berjenjang. (**)