KM Arista Tenggelam di Perairan Makassar Setelah Dihantam Angin dan Ombak

LIPUTAN8.COM, Makassar – Kapal Motor (KM) jenis Lombut Arista milik nelayan yang memuat puluhan penumpang yang tenggelam di Perairan Makassar (Perairan Gusung) Kecamatan Ujung Tanah, Makassar, Rabu (13/6/2018) sekira pukul 13.00 Wita, siang tadi setelah dihantam ombak, arus dan angin kencang.

“Faktor cuaca, kapal dihantam oleh ombak dan angin yang kencang.Dari keterangan salah satu korban yang selamat,hembusan angin kencang,” kata Kepala Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan (Basarnas) Kota Makassar, Amiruddin.

Amiruddin mengungkapkan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 13.00 WITA.Dimana KM Arista ini berangkat dari Paotere sekitar pukul 12.15 WITA untuk menuju Pulau Barang Lompo,namun dalam di perjalannya kapal ini tenggelam.

Dari peristiwa itu kata Amiruddin, sebanyak 13 penumpang tewas.Delapan orang meninggal di Rumah Sakit Angkatan Laut Jala’ammari, dan 5 orang meninggal di Pulau Barang Lompo dan 22 orang selamat.

“Data yang telah terevakuasi adalah 37 orang. 13 orang meninggal dan 22 orang dinyatakan selamat,” ujar Amiruddin.

Kepala Basarnas menjelaskan, pihaknya saat ini telah menerjunkan 42 personel dengan dua alut masing-masing satu Speedboat dan Kapal Antasena berukuran 40 meter untuk melakukan pencarian korban.

“Tim masih melakukan pencarian korban,dikabarkan ada beberapa yang hilang. Kita masih perkirakan jumlahnya karena tidak ada yang mengetahui daftar atau manifes penumpang,” jelas Amiruddin.(Bur)