Masyarakat Tamalanrea Antusias dengan Ekonomi Kerakyatan NH-Aziz

LIPUTAN8.COM — Program kerja yang terarah menjadi salah satu daya tarik pasangan calon gubernur Sulsel Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar.

Alasan ini pula yang membuat berbagai kelompok masyarakat di kecamatan Tamalanrea Indah, Makassar, menyatakan dukungan dan doa bagi pasangan tersebut.

Tokoh masyarakat kelurahan Tamalanrea Indah Muhammad Jabir mengungkapkan, kalangan warga di lingkungannya antusias dengan konsep ekonomi kerakyatan yang diusung NH-Aziz.

Konsep tersebut dipercaya menjadi solusi atas tingginya kesenjangan dan tingkat pengangguran.

“Kami mendukung NH-Aziz karena program dan visi misinya menyentuh kebutuhan masyarakat. Terutama koperasi yang berbasis kerakyatan,” kata Jabir saat menjamu Nurdin Halid pada buka puasa di kediamannya, jalan poros BTN Antara Makassar, Senin (4/6/2018).

Menurut Jabir, NH-Aziz merupakan kandidat dengan program yang paling matang. Itu karena program mereka disusun berdasarkan pengalamannya bertemu dan berinteraksi dengan masyarakat. Sehingga apa yang direncanakan, sesuai dengan kebutuhan di daerah.

“Begitu juga dengan program di bidang ekonomi. Konsepnya jelas. Kalau kandidat lain, visi-misinya mengambang,” ujar Jabir.

NH-Aziz memang kerap menyuarakan soal konsep ekonomi kerakyatan. Ekonomi ini menganut pembangunan infrastruktur dan pengelolaan yang dimulai dari tingkat bawah di desa-desa. Landasan ekonomi yang mengakar di bawah dipercaya mencegah terjadinya ketimpangan ekonomi, seperti yang dialami Sulsel saat ini.

Nurdin Halid berkali-kali mengungkapkan tekadnya menjadikan Sulsel sebagai kiblat daerah percontohan untuk penerapan penuh konsep ekonomi sesuai Pasal 33 UUD 1945, yakni sebagai usaha bersama atas dasar kekeluargaan.

Sederet gagasan dicetuskan, mulai dari mengubah Bank Sulselbar menjadi Bank Rakyat Sulsel yang ikut dimiliki oleh tiap masyarakat hingga bantuan pinjaman modal tanpa bunga dan agunan. (**)