Barang Bukti Sitaan 77 Kasus Narkoba Dimusnahkan Polda Sulsel , Berikut Jumlahnya

LIPUTAN8.COM, Makassar – Direktorat Reserse Narkoba Polda Sulsel dan Satuan Reserse Narkoba Polres Jajaran polda sulsel melakukan pemusnahan barang bukti narkoba.

Pemusnahan barang bukti tersebut dilaksanakan di Mapolda Sulsel, Selasa (22/5/2018) . Barang bukti yang dimusnahkan tersebut terdiri dari barang bukti narkoba jenis dari sabu, estasi dan obat daftar G.

“Barang bukti yang dimusnahkan adalah sabu sebanyak 5 kilogram 882.509 gram, daftar G 9555 butir dan ekstasi sebanyak 140 butir,” kata Direktur Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sulsel, Kombes Pol Hermawan.

Hermawan menjelaskan barang bukti kejahatan narkotika yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil sitaan dari 77 kasus dengan tersangka 133 orang dalam kurung waktu satu bulan terakhir.

IMG-20180522-WA0080“Keberhasilan ini tidak membuat kami merasa puas namun selaku pejabat Ditresnarkoba Polda Sulsel tentu ini menjadi momentum bagi kami untuk melakukan upaya pemberantasan narkoba yang lebih baik,” jelasnya.

Barang bukti yang dimusnahkan tersebut kata Hermawan adalah dapat menyelamatkan korban kurang lebih 850 ribu orang.

“Dari pengungkapan ini kurang lebih 850 ribu orang bisa kita selamatkan,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Umar Septono mengaku kasus tindak pidana penyalahangunaan narkoba Sulsel sangat memprihatinkan. Terlebih Sulsel merupakan jalur stategis dalam peredaran narkoba di Indonesia Timur.

“Kasus narkoba sudah melanda seluruh lapisan masyarakat, ini masalah yang serius. Jadi dibutuhkan komitmen untuk melakukan pencegahan dan pemberantasan tindak pidana narkoba,” ungkap Umar.

Umar juga mengatakan pemberantasan narkoba harus dilakukan dan melibatkan semua lapisan masyarakat. Terutama menurut Umar adalah dimulai dari dalam lingkungan keluarga.

“Mari melakukan pengawasan terhadap keluarga kita, anak-anak kita agar tidak salah pergaulan. Pencegahan sini dapat dilakukan dengan baik di dalam keluarga,” tambahnya.

Pantaun di lapangan, dalam pemusnahan barang bukti sabu turut dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) dan yang mewakili .
( Bur )