Warga Diminta Waspada Kebakaran Selama Ramadan

LPUTAN8.COM — Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar, Muh Takdir Hasan Saleh mengimbau warga untuk mewaspadai kebakaran selama bulan suci Ramadan 2018/1439 Hijriah. Sebab, kebakaran kerap terjadi pada setiap bulan Ramadan.

“Kebakaran merupakan bencana yang lebih banyak disebabkan kelalaian manusia. Bahkan, pada bulan Ramadan, musibah kebakaran kerap terjadi. Ini karena setiap bulan puasa aktivitas warga di dapur meningkat sehingga sangat rentan terjadi kebakaran,” ujar Takdir Hasan Saleh.

Mengantisipasi kebakaran selama Ramadan, Dinas Damkar Makassar telah mempersiapkan personel dan bersiaga 24 jam non stop.

Takdir mengimbau warga untuk selalu memperhatikan kompor maupun peralatan listrik dan penerangan di rumahnya. Misalnya, saat memasak atau memanaskan makanan untuk santap sahur maupun buka puasa harus diperhatikan betul.

“Jangan ditinggalkan kalau api di kompor belum dipadamkan. Itu berbahaya,” tuturnya.

Di samping itu, pihaknya juga meminta masyarakat, khususnya remaja dan anak-anak tidak bermain petasan maupun kembang api. Musababnya, hal itu dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Selain berpotensi menimbulkan kebakaran, bermain mercon akan mengganggu masyarakat, khususnya umat muslim dalam menunaikan ibadah.

Lebih jauh, pihaknya juga mewanti-wanti masyarakat lebih awas, khususnya menjelang dan saat merayakan Hari Raya Idul Fitri.

“Memasak atau memanaskan ketupat itu saat Lebaran mesti diwaspadai. Jangan sampai pergi Salat Idul Fitri, tapi lupa padamkan kompornya,” ujar Takdir.

Hal lain, Takdir Hasan Saleh mengatakan saat mudik, warga juga dimintanya agar memadamkan seluruh peralatan elektronik dan penerangan di rumahnya.

Bila pun tak semua lampu dipadamkan, pihaknya menyarankan agar warga yang pulang kampung menyampaikan atau bahkan menitip kunci rumahnya pada tetangga maupun orang yang dipercayai. (bas)