Wujudkan Rasa Aman Selama Ramadhan, Polres Jajaran di Sulsel Lakukan Pengamanan

LIPUTAN8.COM, Makassar – Pemerintah secara telah mengumumkan 1 ramadhan jatuh pada tanggal (17/5/2018) besok.

Untuk menjamin keamanan ibadah dalam bulan suci ramadhan bagi yang menjalankan, petugas keamanan telah siap untuk memberi pengaman.

Seperti di Wilayah hukum Polres Pinrang, kesiapan Pam ramadhan telah dilakukan oleh jajarannya. Kapolres Pinrang, AKBP Adhi Purboyo mengatakan, pihaknya telah menyiapkan personel untuk menjaga keamanan dalam bulan ramadhan. Ia menyebut menyiapkan 224 personil pam ramadhan.

“Sprint sudah saya terbitkan, mulai hari pertama puasa dilanjutkan dengan oprasi ketupat. Namun pada hakekatnya polri terus mengamankan wilayah nya masing-masing, bukan hanya saat bulan ramadhan,” kata Adhi Purboyo kepada Liputan8.com, Rabu (16/5/2018) sore tadi.

Sementara itu untuk di wilayah hukum Polres Maros, AKBP Yohannes Ricard mengatakan telah melakukan kordinasi dengan pihak terkait untuk menjaga keamana saat bulan ramadhan.

Ia mengatakan pada bulan ramadhan akan ditugaskan anggota kepolisian saat waktu magrib hingga selesai shalat tarwih.

“Sedang di koordinasikan dengan instansi lain. Untuk pengamanan di lingkungan Masjid direncanakan sekitar 2 personil untuk saat menjelang magrib sampai dengan Salat Tarweh. Tidak semua Masjid, tergantung situasi nanti,” ungkap Ricard.

Sementara itu AKBP Sintho Silitonga, Kapolres Gowa mengatakan mulai siap untuk melakukan pengamanan. Ia juga mengatakan pam ramadhan akan dilanjutkan dengan operasi ketupat. Iapun mengatakan menurunkan ratusan anggotanya untuk memastikan ibada ramadhan berlangsung aman di Gowa.

“kami sudah masuk giat pam menjelang bulan suci ramadhan sejak kemarin. Untuk operasi ketupat akan dimulai h-7 sampai h+5 lebaran. Pam di bulan suci ramadhan akan dilakukan oleh 650 personil Polres dan Polsek jajaran,” ungkap Sintho.

Sementara itu, AKBP Julianto Sirait selaku Kapolres Tator mengatakan juga telah memulai pam ramadhan.

“Mulai hari rabu, kami juga baru selesai diskusi dengan forum komunikasi umat beragama Tana Toraja. Pam akan berlangsung selama bulan puasa,” ungkap Julianto.

Untuk wilayah hukum Polrestabes Makassar, Kompol Dwi Bactiar selaku Kabag Ops Polrestabes Makassar mengatakan pam ramadhan mulai sejak kemarin.

“Mula sejak kemarin, personil siaga ,” singkat Dwi. (Bur)