Pembatas Simpang Empat Mall MP Biang Macet, Dishub Upayakan Ini

LIPUTAN8.COM, MAKASSAR — Lampu merah di simpang 4 dekat Mall Panakukang (MP) tidak berfungsi sehingga sering terjadi kemacetan.

Karena permasalahan kemacetan itu, Dinas Perhubungan ( Dishub) Kota Makassar akan bertindak.

Menurut Kabid Sarana Dishub Pemkot Makassar, Andi Asminullah, selama ini simpang empat dekat Mall MP yakni antara jalan Pandan Raya dan Adiyaksa Baru memang mengalami masalah rekayasa.

Pasalnya, selain lampu merah tak berfungsi, kemacetan juga disebabkan karena adanya pembatas jalan yang dipasang di bawah terowongan sehingga pengendara dari arah pandang raya harus memutar dibawah terowongan Mall MP.

Pengendara terlihat memutar
Pengendara terlihat memutari pembatas di simpang empat dekat Mall MP antara jalan Pandan Raya dan adiyaksa Baru

Olehnya. kata dia, Dishub akan melakukan rekayasa ulang dan kembali akan mengaktifkan lampu merah di daerah tersebut. Ia pun berharap pihak-pihak terkait baik kecamatan ataupun Polsek Panakukang bisa mencari solusi terbaik agar masyarakat tidak resah. Apalagi sebentar lagi masuk bulan ramadhan yang tentunya intensitas lalu lintas kendaraan meningkat.

“Dishub berharap agar lampu merah akan difungsikan kembali dan pembatas jalan yang ada dibawah terowongan dibongkar karena itu yang membuat biang macet kalau sore, biasa juga ada yang kecelakaan karena ada pembelokan, tetapi kami juga akan koordinasikan pada pihak terkait lainnya bagaimana solusinya, ” kata Asminullah.

Dia menambahkan jika semua pihak terkait sudah setuju dengan pembatas dibongkar dan lampu merah akan kembali difungsikan. Rencana upaya rekayasa jalan tersebut akan diuji coba selama dua bulan.

“Kalau semua sudah setuju kami akan lakukan ujicoba selama dua bulan, sebenarnya ini pernah kami rapatkan dan setujui akan dilakukan rekayasa, “jelasnya. (**)