Sah! Panwaslu Terima Gugatan DIAmi

LIPUTAN8.COM, MAKASSAR — Panitia pengawas pemilu (Panwasku), Kota Makassar memutuskan menerima permohonan pasangan Danny Pomanto – Indira Mulyasari untuk kembali menjadi calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar di kantor Panwaslu jalan Anggrek Raya, Minggu (13/05/18).

Putusan ini dibacakan langsung oleh majelis sidang tepat hari ke 7 jalannya sidang musyawarah sengketa pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, yang disaksikan langsung Kuasa Hukum DIAmi sebagai pemohon dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar sebagai termohon.

Humas Panwaslu, Maulana membeberkan diterimanya gugatan DIAmi berdasar pasa fakta fakta yang terurai dalam persidangan.

“Keputusan ini berdasar dan tidak lain dalam fakta – fakta yang terurai dalam persidangan, dimana dihadapan persidangan majelis berpendapat, yang pertama legal standing, dimana pemohon memiliki legal standing dan Panwas juga memiliki legal standing,” beber Maulana.

Selain itu, Maulana juga menjelaskan adanya kekeliruan KPU dalam menerbitkan penetapan itu tidak berdasar.

“Ini juga bukan nebis in idem, dan pihak KPU keliru melakukan penafsiran terhadap putusan PT TUN dan Putusan MA. sehingga majelis berpendapat bahwa dalih KPU dalam menerbitkan penetapan itu adalah tidak berdasar dan cacat hukum,” jelas Maulana. (**)