PEKARONG Inovasi Terbaru Damkar Makassar, Satu satunya Di Indonesia

LIPUTAN8.COM — Satu lagi inovasi atau program baru yang digagas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar.

Program tersebut adalah Pengendalian Kebakaran Lorong atau yang disingkat Pekarong.

Pekarong ini salah satu upaya Dinas Damkar dalam melakukan antisipasi dan pemadaman awal kebakaran di pemukiman padat, dengan melibatkan warga masyarakat lorong (Swadaya masyarakat).

Plt.Kadis Damkar Makassar, Muhammad Takdir Hasan Saleh mengatakan, Pekarong ini merupakan salah satu inovasi terbaru, dalam memberika pelayan cepat (Quick Respon) kepada masyarakat.

Dimana program tersebut dilakukan oleh masyarakat itu sendiri, untuk pencegahan awal dan meminimalisir kebakaran di lorong sempit yang tidak bisa dijangkau oleh armada Damkar.

“Pekarong ini adalah sebuah fasilitas atau sarana pemadaman awal, yang ada di lorong-lorong. Sarana tersebut dijalankan atau digunakan sendiri secara swadaya oleh masyarakat. Jadi warga sendiri yang menggunakan dan merawat fasilitas tersebut,” kata Asisten III Bidang Admikistrasi Umum Pemkot Makassar.

“Tahun 2018 ini kita akan coba dua titik dulu. Dua lokasi itu sementara kita survei dibeberapa wilayah kecamatan/kelurahan padat penduduk. Kita cari yang cocok dan pas untuk program ini,” ujarnya.

Menurut Pacea sapaan akrab Takdir Hasan Saleh, Pekarong ini sudah ada satu titik percontohan di Kampung Buyang Kecamatan Mariso. Itu merupakan swadaya masyarakat yang sudah diresmikan oleh Walikota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto, tahun 2017 lalu.

“Di Kampung Buyang itu adalah pilot project Pekarong. Semua sarana dan fasilitas Pekarong diadakan sendiri oleh warga setempat,” cetusnya.

Ia menambahkan, bahwa beberapa fasilitas yang dimiliki Pekarong ini adalah penampungan air (5 kubik), selang pemadam dan nozzel pemadam. Pompa portabel, daya semprot 20-30 meter. Panjang selang 30 m.

“Instalai pipanya itu 200 m, dan memiliki pipa atau selang air empat penjuru mata angin. Semua peralatan yang dipakai murah dan hemat, alatnya tersapat dimana-mana dan sangat enteng,” pungkasnya.

“Program ini masuk dalam lomba penilaian inovasi tingkat nasional. Dan satu satunya di Indonesia,” kata dia.

Kabid Sarana Dinas Damkar Makassar, Aswin K.Harun,S.STP MSi menambahkan, bahwa, program Pekarong ini nantinya akan dioperasikan oleh warga yang memang sudah terlatih sebelumnya.

Mereka (Warga, red) juga kita harapkan agar menjaga dan merawat fasilitas tersebut, agar tetap awet dan terpelihara dengan baik.

“Jadi setiap titik atau lokasi Pekarong ada kelompok swadaya masyarakat yang dibina oleh Damkar. Mereka bertugas untuk mengoperasikan dan menjaga fasilitas Pekarong yang ada dilingkungannya,” kata Aswin.

“Sesuai anggaran, tahun ini kita rencana buat dua lokasi Pekarong. InsyaAllah kita akan terus kembangkan program tersebut dengan menambah lokasi Pekarong di tahun tahun mendatang,” jelas Aswin. (fik)