Murid-murid SD Dilatih dan Diperkenalkan Alat Pemadam Kebakaran

LIPUTAN8.COM — Sejumlah guru dan puluhan murid sekolah dasar (SD) AR-Rahmah Perdos Unhas, berkunjung ke Markas Komando (Mako) Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar, Jl Ratulangi, Selasa (7/5/2018) pagi.

Mereka diberi pemahaman dasar, dan diperkenalkan sejumlah alat pemadam kebakaran. Selain itu, mereka juga diberi pemahaman dini tentang tata cara pencegahan dan pemadaman api dimulai dari lingkungan rumah sendiri.

Sebagai nara sumber dalam kegiatan tersebut, Danton Andi Anugerah.

Didepan puluhan murid TK, Andi Anugerah memberikan materi dasar, dan memperkenalkan satu per satu peralatan Damkar. Ia juga menyampaikan sistem atau cara kerja personil Damkar di lapangan.

“Yang paling penting bagaimana mencegah kebakaran, minimal di rumah kita sendiri. Ada beberapa penyebab kebakaran yang timbul dari dalam rumah kita sendiri, seperti terjdi korslet, lilin yang dibiarkan menyala terus, obat nyamuk, kompok dan beberapa penyebab kebakaran lainnya,” ujar Andi Anugerah.

Sementara itu, Nurlaela Guru SD Ar-Rahmah menuturkan banyak terima kasih kepada personil Damkar Makassar yang telah  memberi arahan/penjelasan kepada anak-anak kami soal pemadam kebakaran.

“Kami sengaja membawa anak-anak kami ke Kantor Damkar untuk memahami dan mengenal lebih dalam peralatan Damkar. Sekali lagi kami ucapkan banyak terima kasih,” tuturnya.

“Memang perlu, sejak dini anak-anak harus diperkenalkan soal Damkar, mininal mereka bisa paham tugas personil Damkar di lapangan dan memahami pencegahan dan penanggulangan kebakaran,” cetus Nurlaela. (bas)